ITB Jadi Wakil Indonesia di Ajang Huawei ICT Competion 2020

Huawei ICT Competition 2019-2020
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Tim A Network Institut Teknologi Bandung, berhasil menjadi pemenang Huawei ICT Competition 2019-2020 tingkat nasional. Mereka mendapatkan tiket mewakili Indonesia di tingkat regional, melawan tim-tim dari kawasan Pasifik Selatan di Manila, Fillipina pada Maret 2020.

10 Kampus Bisnis Terbaik Dunia Tahun 2024

Salah satu anggota tim, Wilson Rustiandy mengatakan, jika mereka sangat senang dengan kemenangan yang berhasil diraih.

"Kami jadi juara di sini, perjuangannya enggak begitu gampang. Kami berusaha untuk belajar, terus ditambah lagi kesibukan kuliah di ITB," kata Wilson saat ditemui di kawasan kampus Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Kamis 28 November 2019.

Piramida Sepakbola Inggris dalam Bahaya

Untuk persiapan ke tingkat regional, dia mengatakan belum mendiskusikan lagi dengan timnya. Kemungkinan, yang akan dilakukan adalah menambah jam belajar, untuk menjadi modal mereka pergi ke tingkat regional nanti.

Director of Governement Affairs Huawei Indonesia, Yenty Joman mengatakan, ini adalah tahun kedua mereka menggelar acara tersebut. Acara ini termasuk ke dalam pengembangan sumber daya manusia di Indonesia, yang payung besarnya bernama Smartgen.

Kasus Penganiayaan Sesama Mahasiswi di Karawaci, Korban Minta Tersangka Dihukum Berat

UGM jadi satu dari delapan universitas di Indonesia, yang diajak bekerja sama dalam acara tersebut. Ke depannya, Yenty mengatakan, ingin mengadakan roadshow ke seluruh universitas.

Ketujuh kampus itu adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI) Depok, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Telkom (Tel-U) Bandung, dan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tangerang.

"ICT Competition bisa memberikan wawasan atau pun pengenalan mengenai program ini, meluas secara nasional. Jadi, tidak hanya di Jakarta," ungkapnya.

ICT Competition tahun ini mengambil tema Connection, Glory, Future. Kompetisi di bidang TIK ini diadakan antar perguruan tinggi, dan menjadi bagian dari kemitraan Huawei dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang tergabung dalam Huawei ICT Academy.

Kompetisi tersebut akan menyediakan platform bagi mahasiswa, untuk bisa mengasah kemampuan mereka di bidang jaringan serta komputasi awan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya