Perkembangan Digital Bisa Hapus Diskriminasi Gender

VIVAtalk Perempuan Berdaya Indonesia Maju
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Koordinator Aliansi Laki-Laki Baru, Eko Bambang Subiantoro, menyebut perkembangan teknologi di era digital saat ini akan berdampak positif bagi kaum hawa atau perempuan.

Diskriminasi Terhadap Perempuan Dalam Pekerjaan Kian Parah di Tiongkok

Menurutnya, perkembangan dunia digital telah membuka peluang atau kesempatan bagi kaum perempuan untuk mengembangkan potensi diri yang dimilikinya untuk menunjukkan bahwa perempuan dapat lebih unggul dibanding kaum pria.

Perkembangan teknologi itu, lanjut Eko, sekaligus dapat menjawab anggapan publik yang selama ini masih menilai kaum perempuan berada di bawah laki-laki.

7 Negara yang Miliki Toilet Netral Gender di Dunia, Mayoritas di Asia!

"Secara individu sebenarnya kaum perempuan juga memiliki kemampuan yang tidak kalah dibanding dengan kaum pria. Apalagi sejak adanya digital saat ini, sudah berbeda. Digital telah mampu menembus batas-batas itu (anggapan kaum perempuan lemah)," kata Eko Subiantoro dalam acara Talkshow Vivatalk "Perempuan Berdaya Indonesia Maju, Perempuan Digital" yang diselenggarakan VIVA Networks di Hotel Millenium, Jakarta Pusat, Selasa, 3 Desember 2019.

Ia mengisahkan, selama ini perempuan selalu dianggap lemah karena persepsi publik leading sektor ekonomi dalam rumah tangga adalah kaum pria.

Muslim dan Palestina Alami Tingkat Diskriminasi Tertinggi di AS, Buntut Perang Gaza

Tapi, lanjut Eko, dengan perkembangan  industri digital saat ini, apabila kaum hawa dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik, maka persepsi publik itu dapat berubah dengan sendirinya.

"Karena tidak sedikit perempuan sekarang itu yang juga bisa menghasilkan ekonomi dalam rumah tangganya melalui bisnis online, misalnya," ujarnya.

Peneliti Polmark Indonesia itu juga meyakini, sekat-sekat sosial di tengah masyarakat yang selama ini berpandangan bahwa perempuan itu memiliki keterbatasan dalam ruang publik, lama kelamaan akan dapat terkikis dengan perkembangan digital yang semakin terbuka.

Karena saat ini kaum perempuan dapat leluasa mengakses informasi yang selama ini tertutup.

"Sehingga setiap individu mampu mengakselerasi kemampuan dia secara lebih cepat," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Pakar Gender, Sri Danti Anwar membenarkan hal tersebut. Menurut Sri Danti, selama ini perempuan dianggap lemah karena terdapat pemahaman yang salah terhadap kaum hawa.

Menurut Sri Denti, peluang bagi perempuan untuk mandiri secara ekonomi saat ini masih sangat terbuka lebar. Hanya saja dibutuhkan penguatan skill individu dan literasi untuk menopang kaum perempuan menghadapi kemajuan teknologi saat ini.

"Penguatan skill dan literasi itu sebenarnya yang menjadi PR utama kita. Karena agar perempuan berdaya di era digital saat ini kemampuan literasi itu harus mumpuni," kata Sri Denti.

Terkait dengan persoalan pemahaman tradisional masyarakat yang selama ini selalu memposisikan perempuan selalu berada  di bawah, Sri Denti menyatakan, konstruksi gender itu dengan sendirinya dapat berubah selama ada kesepakatan-kesepakatan sosial.

"91 tahun lalu, di zaman RA Kartini tidak boleh ada perempuan sekolah. Tapi sekarang dengan perubahan gender, sekarang sudah banyak perempuan yang sekolah, bahkan sampai ke perguruan tinggi. Meskipun memang masih ada timpang gender. Tapi itu bisa dirubah. Sekarang peluang-peluang untuk perempuan lebih maju itu sangat terbuka sekali. Tinggal bagaimana kesepakatan bersama keluarganya saja," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Founder Hijup, Diajeng Lestari. Diajeng mengatakan, di era digital saat ini tidak ada alasan bagi kaum perempuan untuk tidak bangkit mewujudkan berbagai macam impiannya.

Menurut Diajeng, tumbuhnya sosial media dapat membantu kaum perempuan untuk memperkuat perekonomian keluarga. Dengan demikian, perempuan tidak akan dianggap remeh oleh kaum pria.

"Selama sesuai dengan ketentuan, selama tetap menjalankan peran sebagai ibu, tentu media sosial sangat positif bagi kaum perempuan. Para Ibu atau para perempuan seharusnya bisa memanfaatkan teknologi itu untuk memperkuat ekonominya. Banyak sekali caranya. Tapi yang terpenting itu tadi, jangan lupa bahwa dia tetap harus menjadi Ibu untuk anak-anaknya, harus tetap bisa menjadi istri dari suaminya," kata Diajeng Lestari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya