Instagram Mulai Kepo, Tanya-tanya soal Tanggal Lahir

Aplikasi instagram
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Instagram mengumumkan, akan mulai menanyakan tanggal lahir bagi pengguna baru. Kebijakan ini diterapkan, untuk mencegah orang yang belum cukup umur mengggunakan platform tersebut.

Kemenkominfo Menggelar Nobar Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Pihak perusahaan mengatakan, pengguna di sebagian negara diharuskan berusia minimal 13 tahun untuk memiliki akun Instagram.

"Dengan menanyakan informasi ini, Instagram dapat membantu mencegah orang yang belum cukup umur untuk bergabung dengan Instagram, menjaga agar para remaja menjadi lebih aman," kata pihak Instagram dalam keterangannya, dikutip Kamis 5 Desember 2019.

Ketua DPD PSI Jakbar Mundur, DPW PSI Jakarta: Kami Tidak Mentolerir Kekerasan Seksual

Instagram juga mengatakan, jika tanggal ulang tahun itu akan menjadi bagian informasi pribadi akun dan pengguna bisa melihatnya. Namun, bagi pengguna lain informasi itu tidak bisa dilihat.

Bagi pengguna yang menghubungkan akun Facebook ke Instagram, maka media sosial itu akan menambahkan tanggal lahir yang ada di profil Facebook. Kembali lagi, informasi tersebut bukanlah bersifat umum, dan hanya pengguna yang bisa melihatnya.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Ke depannya, informasi ulang tahun akan digunakan untuk menciptakan pengalaman lebih personal. Mereka mencontohkan, seperti edukasi seputar kontrol akun dan rekomendasi pengaturan privasi bagi anak remaja.

Platform itu juga akan memberikan kontrol pada pengguna, siapa yang bisa mengirimi pesan langsung ke akun mereka. Jadi, mereka bisa membuat hanya orang yang diikuti saja yang bisa mengirim pesan pribadi.

"Semua pembaruan tersebut merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Instagram, dalam memastikan layanannya tetap menjadi tempat yang aman dan mendukung komunitas Instagram. Khususnya, bagi para pengguna muda," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya