Mengenal Santanu, Si Radar Hujan Akurat Milik LAPAN

Kantor LAPAN di Rawamangun, Jakarta Timur.
Sumber :
  • Facebook/LAPAN RI

VIVA – Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau PSTA LAPAN mengembangkan radar hujan bernama Sistem pemantau hujan atau Santanu. Santanu menampilkan lokasi yang tengah diguyur hujan melalui laman santanu.sains.lapan.go.id.

4 Kelakuan Kocak Masyarakat Dubai Saat Banjir Ada yang Main Jetski sampai Berjemur

Peneliti Muda PSTA, ujar Asif Awaludin dalam keterangannya, dikutip Senin 9 Desember 2019, mengatakan sistem Santanu menggunakan radar untuk memantau hujan. Radar hujan yang telah terbukti akurat itu bisa memantau hujan hingga radius 44 kilometer.

Radar hujan tersebut dipasang di kantor-kantor milik LAPAN seperti di Bandung dan Bogor. Selain itu, beberapa radar hujan juga dipasang di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) seperti di Sukabumi, Jawa Barat. Radar hujan berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) yang dihibahkan ke BPBD. LAPAN dalam hal ini membantu dalam pembuatan dan pemasangannya.

Hujan Badai di Dubai: Muazin Ubah Lafadz Azan, Netizen: Merinding!

Selanjutnya, radar tersebut akan dipasang yaitu di Kota Bima, dan Kota Sorong. Pada pertengahan Desember ini, harapannya radar hujan Santanu sudah beroperasi. Selain itu, radar hujan juga telah memantau daerah Lembang, Sumedang, Pontianak, Kototabang, dan Sadeng.

Pada laman radar hujan ini, nantinya kamu bisa mudah mengaksesnya, tampilannya terbagi tiga. Peta dan radar hujan berukuran besar menampilkan kondisi hujan hingga radius 44 kilometer dari lokasi radar, sedangkan pada bagian kanan atas ada peta yang bisa diperbesar dan melihat informasi lebih detial, termasuk kondisi perubahan hujan per dua menit.

Presiden Uni Emirat Arab Tinjau Infrastruktur Setelah Banjir di Dubai

Warna pada sebaran awan menggambarkan tingkat intensitas hujan, mulai dari ringan, sedang, hingga lebat. Santanu juga menampilkan luas area yang diguyur hujan. Selain itu pergerakan awan hujan juga bisa diketahui arahnya. Ada 14 corak warna bertingkat dari biru muda hingga ungu. Warna biru tua menandakan hujan ringan, sementara warna hijau mengindikasikan hujan deras.

"Yang perlu di waspadai adalah hujan warna hijau yang cakupannya cukup luas, karena berarti hujannya menjangkau hulu hingga hilir sungai," ujar asif.

Dengan kombinasi durasi waktu hujan, kondisi itu bisa mengindikasikan awal terjadinya banjir. Namun tetap perlu dikonfirmasi dengan pengamatan lokal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya