Mendag Permudah Izin Usaha Toko Online

Toko Online.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto hari ini mengumumkan Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan PP ini mengatur tentang perizinan untuk bisnis e-commerce.

Mendag Zulhas Jamin Stok Bahan Pokok Cukup hingga Lebaran

"Tujuannya untuk melindungi konsumen dan pelaku usaha," katanya dalam acara Peluncuran Harbolnas 2019 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin 9 Desember 2019.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, mekanisme izin usaha akan dipermudah, baik itu usaha kecil maupun menengah. Untuk turunannya, Peraturan Menteri Perdagangan juga akan dibahas, terutama masukan-masukan yang sudah diterima pemerintah.

Dispenser SPBU Nakal di Karawang Disegel karena Tipu-tipu Takaran

Perizinan juga dilakukan secara online, sehingga pengusaha tidak perlu repot datang mengurus. Asalkan, barangnya jelas dan memiliki jaminan.

"E-commerce wajib setor data, biar terdata secara lengkap, supaya melindungi konsumen juga. Artinya, pembeli yakin penjualnya jelas, barangnya ada," ujarnya

Migrasi TikTok Shop dan Tokopedia Dinilai Bikin E-Commerce Makin Dinamis, Ini Penjelasannya

Pendaftaran juga dikatakan gratis, karena jika ada biaya. artinya negara tidak mengindahkan arahan presiden. yang ingin segala usaha harus dimudahkan. Terutama, dalam hal-hal yang berkaitan dengan ekspor.

"E-commerce kaitannya dengan ekspor. Saya sudah bilang, akan kami permudah apa pun kegiatan yang kaitannya dengan ekspor. Terlebih, usaha kecil dan menengah jadi ujung tombak perdagangan ekspor," tuturnya.

Salah satu yang sudah merasakan kemudahan tersebut, adalah toko online talesofbasic atau TOB. Platform ini menawarkan solusi cepat, bagi konsumen yang ingin merombak isi lemari baju mereka. Sekaligus, memperkenalkan cara baru berbelanja online.

“Dengan fitur TOB di website, konsumen bebas memilih lebih dari 12 barang dengan harga yang sangat terjangkau, yang pada umumnya hanya bisa membeli 1-2 barang dengan dana itu,” tutur Co-Founder TOB Indonesia, Jason Lee.

Mereka juga bekerja sama dengan Paxel, perusahaan logistik untuk jasa pengiriman ke sejumlah wilayah di Tanah Air.

"Paxel menggunakan metode pengiriman paling efisien, sehingga barang bisa tiba di hari yang sama dengan harga flat," kata Chief Operating Officer Paxel, Zaldy Ilham Masita.

Dalam rangka Harbolnas, para pelanggan TOB bisa memanfaatkan promo pengiriman menggunakan layanan Paxel pada 12 Desember sampai dengan 31 Desember 2019. Cukup dengan memasukkan kode promo TOBxPaxel, maka akan ada diskon hingga Rp30 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya