Menteri Baru Jokowi Terpopuler di Google, Ayo Tebak Siapa?

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Dua menteri baru Presiden Jokowi menjadi trending atau terpopuler di mesin pencari Google.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Menurut Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami, berdasarkan penelusuran terpopuler tahun ini, dua menteri baru Jokowi yang mendunia adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparenkraf) Wishnutama.

"Iya bisa jadi relevansi dia jadi menteri. Jadi kalau diperhatikan ada berita atau peristiwa yang terjadi sama dua menteri baru itu pastinya bikin penasaran warganet. Ada apa ya? Kenapa sih? Begitulah," kata dia di Jakarta, Rabu, 11 Desember 2019.

Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong

Pencarian terkait Mendikbud Nadiem Makarim paling tinggi terjadi pada 20-26 Oktober 2019 dengan wilayah terbanyak ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sedangkan, Menparenkraf Wishnutama waktu pencarian tertinggi, juga di tanggal yang sama, namun untuk wilayahnya berada di DKI Jakarta.

Top Trending: Jayabaya Ramal Satrio Piningit hingga Sosok Jenderal Bintang 1 Andalan KSAD

Veronica menuturkan pada penghujung tahun ini, Google resmi merilis apa saja yang menjadi terpopuler atau trending di sepanjang 2019.

Akan tetapi, untuk trending tahun ini bukan berdasarkan penelusuran terbanyak, melainkan jumlah penelusuran yang meningkat selama periode berkelanjutan.

Ia mengatakan ada sembilan kategori trending seperti Top 10 untuk tren pencarian, tokoh, kepergian tokoh, peristiwa nasional, lagu, apa itu, bagaimana cara, resep, dan film.

"Tahun ini banyak melihat bagaimana masyarakat ingin berubah menjadi lebih sehat dan menaruh harapan pada tokoh yang menginspirasi akan perubahan," ungkap Veronica.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya