Jajal International Roaming Smartfren di Jepang, Begini Caranya

Smartfren roaming
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pelanggan Smartfren kini bisa membawa serta simcard mereka ke luar negeri untuk digunakan di sana. Biaya paket untuk menggunakan layanan tersebut di luar negeri pun cukup murah, sekitar Rp150 ribu untuk 2GB yang berlaku selama 7 hari.

Smartfren Bakal Rights Issue Rp 8,5 Triliun, Ini Jadwalnya

Awalnya, tahun lalu, Smartfren memang baru bisa digunakan di Malaysia dan Singapura. Namun kini, ada tambahan 13 negara lagi di Asia Pasifik yang menerima jaringan roaming Smartfren. Selain Jepang ada Hong Kong, Macau, Korea Selatan, Thailand, Australia, Selandia Baru, Taiwan, Brunei Darussalam, India, Flipina, Bangladesh dan China.

Nah, VIVA.co.id mendapat kesempatan untuk bisa menjajal jaringan roaming Smartfren di Jepang. Begini tahapannya.

Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya

Banyak cara beli paket roaming

Untuk membeli paket internasional roaming Smartfren bisa dilakukan di Indonesia maupun negara tujuan. Bisa melalui Galeri Smartfren, aplikasi MySmartfren, website my.smartfren.com, atau kode panggilan *123#. Dari situ tinggal pilih saja menu International Roaming dan negara tujuan.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Nobar Kreatif di Dunia Digital Sejak Dini

Jika kamu lupa mengaktifkan di Indonesia, aktivasi roaming bisa dilakukan di luar negeri melalui aplikasi Smartfren, website resmi Smartfren atau panggilan *123#.

Oia, untuk menghindari terkena tarif harian, pastikan pembelian paket dilakukan dengan menggunakan koneksi free wifi di negara tujuan, atau melalui *123#. Tarif harian untuk paket internet luar negeri Smartfren bisa mencapai Rp70.000, menggunakan Internet Smart Day Pass.

First thing first

Sebelum membeli paket, pastikan jika sim card Smartfren kamu sudah mendukung International Roaming. Begitu juga perangkat yang digunakan, harus juga mendukung jaringan yang ada di luar negeri. Dan yang paling penting, status International Roaming kita harus sudah aktif.

Menurut Chief Brand Officer Smartfren, Roberto Saputra, semua perangkat sudah bisa mendukung sim card dan roaming Smartfren, mulai dari Samsung, iPhone dan lainnya.

Saat berada di Jepang, kami langsung mengatifkan starter pack yang diberikan oleh pihak Smartfren. Starter pack tersebut ternyata sudah roaming ready sehingga saat dimasukkan ke dalam handset, kartu pun langsung aktif karena telah lebih dulu di-registrasi ke 4444 di Indonesia. Kartu langsung mengenali NTT Docomo sebagai operator host.

Setting dan aktifkan

Untuk memastikan internet bisa digunakan di perangkat, coba lihat pengaturan data yang ada di dalam perangkat. Checklist fitur Roaming pada perangkat, ubah APN perangkat menjadi Smartfren 4G. Kemudian posisi Network Mode diupayakan 3G Only.

Untuk Network Mode, Smartfren memang masih dikenali sebagai 3G di Jepang. Namun tahun depan, pihak Smartfren menjanjikan akan masuk ke 4G Network Mode.

Sampai di tempat tujuan, jaringan akan otomatis terkoneksi. Smartfren mengaku telah bekerja sama dengan satu operator di satu negara. Itu artinya, ada 15 operator berbeda di setiap negara yang akan melayani pelanggan Smartfren yang berkunjung ke sana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya