Hujan dan Banjir jadi Tantangan Kurir Pengiriman Barang

Ilistrasi jakarta banjir.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Ibu kota Jakarta diguyur hujan deras beberapa hari lalu yang menyebabkan banjir di sejumlah titik. Akibatnya aktivitas masyarakat menjadi terhambat, tidak terkecuali untuk pekerja kurir pengiriman barang.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Startup pengiriman barang Paxel mengaku peristiwa banjir pada Selasa, 17 Desember kemarin, menghambat pekerjaan kurir. Terlebih mereka mengusung tagline same day atau barang sampai di hari yang sama, sehingga juga ikut berpengaruh ke waktu pengiriman.

"Hujan dan banjir memang menjadi masalah. Jadi ada keterlambatan satu hingga dua jam," kata COO Paxel, Zaldy Ilham Masita, di Jakarta, Jumat, 20 Desember 2019.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Meski begitu, Zaldy mengaku mengutamakan keamanan para kurir. Jika memang intensitas hujannya besar dan tidak bisa ditembus, ia merekomendasikan mereka untuk menunggu hingga aman.

"Kita memang mementingkan kecepatan dalam pengiriman, tapi tidak meninggalkan keselamatan para kurir," tegasnya.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Menurutnya, Paxel sudah mengantongi lebih dari 550 ribu pengguna hingga Oktober 2019. Dirilis sejak Mei tahun ini, mereka telah berhasil mengantar 1,2 juta paket dengan 1.500 kurir.

Saat ini Paxel telah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang dan Bali. Rencananya tahun depan mereka akan ekspansi ke luar Pulau Jawa seperti Makassar dan Palembang.

"Nanti Jakarta-Medan bisa same day. Pesanan sebelum jam 12 siang bisa datang di hari yang sama. Kita juga kerja sama dengan Garuda Indonesia. Jadi bisa kirim makanan," jelas Zaldy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya