Jawaban Tokopedia Soal Maia Estianty jadi Korban Penipuan Online

Tokopedia.
Sumber :

VIVA – Penyanyi Maia Estianty baru-baru ini curhat di media sosial Instagram miliknya karena telah menjadi korban penipuan oknum ojek online Gojek. Penipuan dilakukan dengan meneruskan data di ponsel pribadinya ke ponsel oknum tersebut.

3 Rekomendasi HP Samsung Terbaik Harga Dibawah Rp 5 Juta, Bisa Buat Hadiah Lebaran

Tidak hanya Gopay yang terkuras, si penipu juga hampir membeli smartphone menggunakan data kartu kredit di e-commerce Tokopedia. Mengenai hal tersebut, Tokopedia pun langsung memberi penjelasan.

"Setelah melakukan pengecekan, kami pastikan tidak menemukan adanya kebocoran atau pembobolan data oleh pihak ketiga terhadap data pribadi pengguna kami," ujar Vice President of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, Jumat, 27 Desember 2019.

Lebaran Makin Dekat, Yuk Intip Rekomendasi Gamis Lebaran 2024

Lebih lanjut Nuraini menjelaskan bahwa pelaku memanfaatkan celah di luar sistem Tokopedia dengan modus 'call forwarding,' yaitu membuat panggilan yang masuk ke telepon genggam pengguna kemudian dialihkan ke nomor pelaku.

Ia juga mengaku telah dan selalu berkomitmen mengambil tindakan yang diperlukan untuk terus menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna.

Bertemu di Istana, Bos GOTO Dapat Pesan Khusus dari Jokowi

"Kami punya sistem keamanan yang bisa mendeteksi aktivitas mencurigakan pada suatu akun dengan parameter tertentu dan akan melakukan penanganan sesuai prosedur yang sudah ditentukan," paparnya.

Berkaitan dengan transaksi pembayaran menggunakan kartu kredit, Tokopedia juga mengimbau kepada pengguna untuk melakukan aktivasi fitur keamanan yang tersedia demi keamanan bertransaksi.

"Bisnis kami adalah bisnis reputasi dan kepercayaan. Kerahasiaan dan keamanan data pribadi pengguna merupakan prioritas utama," tegas Nuraini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya