Peneliti: Jika Alien Ada, Apakah Kita Akan Menyadarinya?

Ilustrasi Alien.
Sumber :
  • www.pixabay.com/Ribastank

VIVA – Seorang peneliti mengatakan akan ada kekurangan soal keberadaan alien. Jika keberadaan alien benar-benar ada, namun kita sebagai manusia tidak tahu cara menemukannya.

Ilmuwan Selangkah Lagi Menemukan Alien

Dalam sebuah artikel seorang associate proffesor ilmu filsafat Universitas Dunham, Peter Vickers menuliskan saat manusia menemukan bukti soal kehidupan alien, pertanyaannya adalah, apakah mereka akan menyadarinya?

"Kehidupan di planet lain bisa sangat berbeda dengan apa yang kita biasa lakukan, kemungkinan kita tidak bisa kenali tanda biologinya," jelas Vickers dilansir laman Metro.

Astronot Muslim yang Sudah Mencicipi Luar Angkasa, Ada Sultan Beneran

Dia mengatakan jika dalam beberapa tahun telah ada perubahan teori mengenai biosignature dan planet apa yang bisa ditinggali. Tapi yang bisa dilakukan manusia, menurutnya adalah hanya menginterpretasi data untuk teori terbaik.

"Mengenai kehidupan alien, apakah cukup untuk para peneliti mengasumsikan 'kita akan tahu saat kita melihatnya'?" kata Vickers.

5 Ramalan Kiamat yang Berhasil Buat Geger Umat Manusia

Dia menambahkan menurut eksperimen psikologi menunjukkan bagaimana manusia terkadang gagal untuk mengetahui apa yang ada di hadapannya. Mereka terkadang terlalu sibuk berfokus pada hal lainnya.

Menurutnya banyak contoh relevan mengenai hal tersebut dari sejarah ilmu pengetahuan. Para ahli filosofi mendeskripsikannya sebagai fenomena teori sarat pengamatan atau theory-ladenness of observations.

"Apa yang kita sadari terkadang bergantung pada teori, konsep, latar belakang kepercayaan dan ekspektasi sebelumnya. Pada umumnya, apa yang kita anggap penting bisa menjadi bias dengan cara ini," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya