Cerita Dosen ITB soal Desain Jembatan LRT Jabodebek Hasil Karyanya

Proyek pembangunan jalur kereta api ringan (LRT) Jabodebek koridor Cawang–Kuningan–Dukuh Atas di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Desainer jembatan lengkung bentang panjang (longspan) untuk proyek LRT Jabodebek, yang juga dosen Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB), Arvila Delitriana atau Dina, menyebut hasil karyanya pernah diragukan oleh pihak lain. Namun, ia tidak menyebut pihak-pihak yang dimaksud.

Heboh Pemuda di Demak Rusak Jembatan Agar Truk Bisa Lewat, Polda Jateng Angkat Bicara

Jembatan lengkung ini akan melintasi perempatan Kuningan, Mampang, Rasuna Said dan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Desain yang dibuat Dina oleh Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro, memiliki pendekatan yang berbeda dengan desain yang dihasilkan konsultan asing.

"Semua usulan awalnya membutuhkan struktur tambahan. Ada yang dalam bentuk kolong di tengah-tengah perempatan Kuningan dengan Gatot Subroto, dan ada satu lagi yang menggunakan tiang," ujarnya di Gedung BPPT, Jakarta Pusat, Senin, 6 Januari 2020.

Tragis, Satu Rumah Hanyut Terbawa Banjir di Gorontalo Utara

Desain yang dibuat Dina ini tidak membutuhkan struktur tambahan, tapi lebih kepada penguatan struktur, terutama yang ada di bentangan itu sendiri. Dalam kesempatan yang sama, Dina mengaku pembangunan proyek Jembatan LRT Jabodebek tidak ada kendala.

Ia justru menemukan keraguan dari berbagai pihak dan itulah yang menjadi tugasnya untuk meyakinkan mereka. "Jadi ada beberapa ujian-ujian yang harus kami jawab, kami lakukan, kami sampaikan untuk meyakinkan berbagai pihak," katanya.

Tetap Beroperasi saat Libur Lebaran, LRT Jabodebek Bakal Berlakukan Tarif Promo Akhir Pekan

Dina juga menyampaikan untuk masalah desain prosesnya sudah selesai, begitu pun dengan konstruksi. Namun, untuk uji beban Jembatan LRT Jabodebek ini belum dilakukan masih menunggu ruas-ruas yang belum selesai.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto

Terpopuler: TNI Kembali Pakai Istilah OPM, Kecelakaan Bus di Tol hingga Pemuda Rusak Jembatan

Berita mengenai KNKT mengungkap penyebab kecelakaan di Km 58 Tol Jakarta-Cikampek juga banyak menarik perhatian pembaca kanal News VIVA.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024