Logo WARTAEKONOMI

Menunggu Gebrakan Bos Baru Telkomsel, Setyanto Hantoro

Setyanto Hantoro, direktur utama Telkomsel (FOTO: Youtube.com).
Setyanto Hantoro, direktur utama Telkomsel (FOTO: Youtube.com).
Sumber :
  • wartaekonomi

Warta Ekonomi.co.id, Bogor – Baru tiga bulan menjadi kepala eksekutif PT Multimedia Nusantara (Telkom Metra), Setyanto Hantoro sudah resmi ditunjuk menggantikan Emma Sri Martini sebagai direktur utama PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel).

Berdasarkan data yang diolah dari berbagai sumber, Setyanto diketahui memiliki pengalamannya di PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau TLKM selama satu dekade. Pada Juni 2009, ia menjabat asisten wakil presiden Portofolio Bisnis dan Perencanaan Finansial Telkom hingga periode yang sama di 2012.

Satu tahun berikutnya, Setyanto menjabat komisaris PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (TELIN), salah satu anak usaha Telkom Group. Posisi itu dijalaninya selama enam tahun, hingga berakhir pada Juni 2019.

Jabatan lainnya yang diemban Setyanto antara lain vice president Strategic Business Development sejak Juni 2012, serta executive vice president Strategic Investment sejak Juni 2015. Dua jabatan itu akhirnya dilepas pada November tahun lalu.

Tak berhenti di situ, pria lulusan Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Telkom, kini bernama Telkom University, pada 1995 itu juga menjabat sebagai komisaris utama dan komisaris di PT Jalin Pembayaran Nusantara dan Mitratel, yang mana keduanya juga anak perusahaan Telkom.

Rektor Telkom University, Adiwijaya, menilai terpilihnya Setyanto sebagai bentuk kontribusi kepada Indonesia. "Kami berharap akan banyak lagi lulusan/alumni Telkom University lainnya yang menjadi pemimpin-pemimpin besar yang membawa Indonesia ke arah yang lebih baik," ungkapnya.

Para alumni STT Telkom/Telkom University yang tergabung dalam Forum Alumni Universitas Telkom (FAST), juga menaruh harapan besar terhadap Setyanto bisa menggembrak di industri teknologi, khususnya di bidang telekomunikasi.