Klaim Realme 5i, Entry Level tapi Tangguh untuk Main Game Online

Realme 5i.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Smartphone Realme 5i resmi meluncur di Indonesia. Perangkat empat kamera belakang ini merupakan pelengkap dari tiga smartphone lini Realme 5 yang sudah lebih dahulu tersebar di Tanah Air tahun lalu. Ketiganya yakni Realme 5, Realme 5 Pro, dan Realme 5s.

Gamer Indonesia Diminta Hak Suaranya

Ponsel ini diharapkan dapat memberikan kesegaran di segmen entry level atau pemula. Realme 5i, yang mendapat julukan Quad Camera Battery King, ini diklaim memiliki fitur-fitur unggulan, khususnya untuk game online.

Tim VIVA Digital berkesempatan mengoprek Realme 5i usai peluncurannya di Jakarta pada Rabu, 15 Januari 2020. Berikut ulasannya:

Begini Modus Pelecehan Seksual 11 Anak Lewat Game Free Fire

Desain

Meski tergolong segmen pemula, namun Realme 5i tetap membawa desain elegan. Ada empat kamera belakang yang diletakkan secara vertikal di bagian atas dan juga pemindai sidik jari di tengah ponsel.

Bareskrim Tangkap Pelaku Pelecehan Seksual 11 Anak Via Game Free Fire

Mengusung konsep 'Sunrise Design', artinya, ketika Realme 5i digenggam maka tidak licin dan juga bagian belakangnya tidak meninggalkan sidik jari pengguna. Selain itu, bodinya juga didesain tahan percikan air.

Sebab, bodi Realme 5i terdiri dari tiga lapisan tahan percikan dari dalam ke luar. Tiga lapisan tersebut mencakup lapisan pertama berupa lem yang mampu menahan percikan, lapisan kedua dengan cangkang karet tahan percikan, serta lapisan ketiga desain cincin tahan percikan.

Kamera

Fitur fotografi merupakan salah satu nilai tambah dari Realme 5i. Kamera belakangnya dijejali dengan quad-camera yang masing-masing lensanya memiliki keunggulan. Kamera belakangnya, terdiri dari lensa utama 12MP, ultra-wide angle 8MP, lensa makro, dan lensa potret 8MP.

Kehadiran empat kamera memudahkan pengguna untuk mengambil foto dengan berbagai skenario. Dengan begitu, pengguna tidak perlu lagi kesulitan untuk mengatur secara manual. Sementara di depan, disematkan kamera 8MP yang sudah dibekali oleh teknologi Artificial Intelligence (AI) agar hasil foto selfie dapat lebih optimal.

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah ChromaBoost untuk meningkatkan warna. Mesin AI mengenali informasi adegan dan kecacatan gambar, mengembalikan detail nyata, kecerahan dan warna yang dilihat oleh mata manusia melalui model visual manusia yang unik, dan memolesnya.

Selain itu, terdapat Super Nightscape 2.0 untuk meningkatkan ketajaman foto di malam hari. Realme 5i memanfaatkan inovasi dan keunggulan algoritma pemandangan malam hari, menggabungkan teknologi AI dengan mesin multi-bingkai untuk mengurangi noise, stabilisasi genggaman, penekanan highlight, dan dynamic range yang ditingkatkan.

Performa

Realme 5i ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 665 AIE berkecepatan 2GHz yang memiliki delapan inti dan arsitektur 64-bit. Prosesor ini memiliki manajemen daya yang baik karena diproduksi menggunakan teknologi 11nm.

Untuk pengolahan grafis, terdapat GPU Adreno 610 yang dapat memberikan pengalaman gaming luar biasa. Selain itu, prosesor mendukung Vulkan 1.1 Graphics Library yang canggih dalam mengurangi konsumsi daya hingga 20 persen.

Kemampuan gaming Realme 5i diklaim tidak bisa dianggap remeh. Dalam pengujian menggunakan COD dan PUBG Mobile, Realme 5i dalam menyajikan grafis yang cukup baik.

Performa tersebut juga didukung fitur Game Space yang tersemat di dalamnya. Fitur ini dapat menambahkan game dan aplikasi apapun ke dalam Game Space untuk meningkatkan kinerja ponsel.

Realme 5i.

Ditambah lagi, Realme 5i menggunakan layar 6,5 inchi dengan tambahan poni atau notch kecil berbentuk tetesan air untuk dudukan kamera depan. Bezel tipis juga mengelilingi bagian atas dan kiri serta kanan ponsel, sedangkan sedikit tebal untuk di bagian bawahnya.

Dengan begitu, layar menjadi cukup lapang, terutama saat digunakan untuk bermain game ataupun menonton video. Satu lagi, dalam pengujian menggunakan aplikasi benchmark, Realme 5i mencetak skor yang cukup tinggi. Lewat Antutu, Realme 5i mendapatkan skor 173.062, dengan Geekbench, didapatkan skor 312 untuk single-core, dan 1.273 untuk multi-core.

Baterai

Meski entry level, daya Realme 5i disokong oleh baterai jumbo atau berkapasitas besar 5.000mAh. Ini membuat penggunaan Realme 5i dapat bertahan hingga seharian lebih dalam pemakaian normal. Baterai tersebut dikawinkan dengan teknologi AI freeze yang mengontrol aplikasi yang tidak digunakan oleh penggunanya.

Ada lagi fitur Screen Battery Optimization Mode yang mampu membuat daya lebih efisien lewat CABC (Content Adaptive Backlight Control). Tujuannya untuk menyesuaikan rasio kontras layar, kecuali kamera dan album foto untuk meningkatkan masa pakai baterai ponsel.

Realme 5i yang dijual di Indonesia terdiri atas tiga varian dengan harga tak menguras kantong. Realme 5i dengan RAM 3GB/ROM 32GB dibanderol Rp1,8 juta, RAM 4GB/ROM 64GB senilai Rp2 juta, dan RAM 4GB/ROM 128GB seharga Rp2,3 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya