Asteroid Ini Bisa Bikin Penduduk Bumi Tajir Tujuh Turunan

Asteroid 16 Psyche.
  • Science Times

VIVA – Asteroid 16 Psyche adalah asteroid yang mengandung emas dan terletak di antara orbit Planet Mars dan Jupiter. Asteroid ini dijamin bisa membuat penduduk Bumi enggak miskin alias kaya-raya. Kok bisa? Sebab, asteroid itu bernilai 8 ribu kuadriliun poundsterling. Bisa bikin penduduk Bumi tajir tujuh turunan.

Cerita Petani di Lampung Selamat dari Terkaman Harimau Sumatera

Dilansir dari laman The Sun, Minggu, 19 Januari 2020, tidak hanya emas, namun Asteroid 16 Psyche juga mengandung logam lainnya seperti platinum, besi dan nikel.

Asteroid 16 Psyche merupakan batu luar angkasa yang benar-benar masif dengan diameter lebih dari 200 kilometer (120 mil). Ini adalah salah satu asteroid terbesar yang berada di sabuk asteroid.

Dulu Dihindari, Kini Selandia Baru Banyak Diminati Wisatawan

Jika benda luar angkasa ini dibawa kembali ke Bumi, besar kemungkinan akan menghancurkan harga komoditas dan membuat ekonomi dunia runtuh yang nilanya diperkirakan mencapai 59,5 triliun poundsterling.

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah meluncurkan misi untuk menyelidiki Asteroid 16 Psyche pada pertengahan 2022. NASA berencana mengirim Discovery Mission ke asteroid itu, dan diharapkan akan mendarat di sana 2026 untuk melakukan penelitian ilmiah, seperti apakah Asteroid 16 Psyche inti dari obyek seukuran planet.

Bumi Punya Tameng Langit

"Kami akan melakukan pemetaan dan mempelajari tentang Asteroid 16 Psyche selama lebih dari 21 bulan di orbit. Penelitian ini akan menggunakan imager multispektral, sinar gamma dan spektrometer neutron, magnetometer, serta instrumen radio," demikian keterangan resmi NASA.

NASA menilai jika asteroid ini selamat dari tubrukan antar planet, maka yang normalnya terjadi adalah saat Tata Surya terbentuk. Seperti diketahui, Asteroid 16 Psyche memiliki diameter 226 kilometer dengan massa kurang dari 1 persen Bulan.

Asteroid tersebut mengorbit kepada Matahari selamat lima tahun Bumi dan hanya menghabiskan empat jam untuk berotasi di porosnya. Asteroid 16 Psyche ditemukan oleh astronom Italia bernama Annibale de Gasparis pada 17 Maret 1852.