NASA Libatkan Anak TK untuk Penamaan Robot Penjelajah Mars 2020

Robot Penjelajah Mars 2020.
Sumber :
  • space.com

VIVA – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) diketahui akan meluncurkan robot penjelajah baru yang disebut Mars 2020 pada Juli mendatang. Akan tetapi, NASA belum menetapkan nama resmi untuk robot penjelajah tersebut.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Uniknya, mereka meminta bantuan dari para siswa-siswi di seluruh AS untuk memberi nama Mars 2020. Para siswa-siswi ini mulai dari taman kanak-kanak (TK) hingga sekolah menengah atas (SMA).

Kontes penamaan itu diumumkan pada 28 Agustus, dan ditutup 1 November 2019. NASA juga telah mengumumkan pemenang semi final pada 13 Januari lalu. Disebut bahwa ada 28 ribu nama yang masuk dan NASA telah menyeleksi menjadi 155 semi finalis.

UFO Terpantau Lagi Keliling Bulan

Dari ratusan semi finalis, terpiluh sembilan nama untuk robot penjelajah Mars 2020. Seleksi nama ini juga melibatkan 4.700 juri yang terdiri dari tenaga pendidik, profesional, hingga pemerhati ruang angkasa.

"Ribuan siswa telah membagikan ide mereka untuk nama kendaraan (robot penjelajah) kami. Kontes ini adalah cara keren untuk melibatkan generasi berikutnya dan mendorong karir di semua bidang STEM (sains, teknologi, teknik, dan matematika). Kami sangat bangga atas antusias anak-anak ini," kata Direktur Divisi Sains Planet NASA, Lori Glaze, dilansir laman resmi NASA, Rabu, 22 Januari 2020.

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Kesembilan nama tersebut antara lain Endurance, Tenacity, Promise, hingga Courage. Sementara tiga nama penjelajah Mars sebelumnya, yaitu Spirit, Opportunity, dan Cusiosity, juga merupakan nama pemberian para siswa di AS. NASA juga membuka polling untuk memilih nama yang cocok bagi robot penjelajah mereka kelak.

"Ribuan orang mengajukan untuk menjadi bagian dari proses penilaian. Sekarang waktunya publik untuk ikut serta dan mengekspresikan kegembiraan mereka untuk memilih nama paling favorit dari sembilan finalis ini," ungkap Glaze.

Pemilihan nama robot penjelajah oleh publik ini dibuka hingga 27 Januari 2020. Bagi siapa saja yang ingin memilih bisa langsung masuk ke laman go.nasa.gov/name2020.

Pengumuman pemenang akhir akan dilakukan pada 18 Februari mendatang. Dari hasil yang didapatkan nanti akan menjadi pertimbangan untuk memilih saat penamaan akhir dari robot penjelajah Mars 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya