Hujan Lebat dan Petir di Jakarta, Warganet Teriak Banjir

Banjir Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Jakarta diguyur hujan lebat dan petir sejak Jumat pagi, 24 Januari 2020. Akibatnya, sejumlah wilayah di ibu kota mengalami banjir. Tak hanya itu, banjir komentar dan curhat juga ‘menggenangi’ media sosial Twitter.

MIND ID Pastikan Beri Kemanfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya

Warganet meramaikan Twitter dengan tagar banjir dan memuncaki trending topic di Indonesia. Mereka mengatakan jika Jakarta dilanda banjir lagi.

Beberapa di antaranya mengabarkan tempat atau pun jalanan yang dilewati sudah tertutup air. Ada pula dari mereka yang mengunggah foto maupun video tentang situasi terkini banjir.

Polisi Amankan 5 Orang terkait Kasus Bensin Dioplos Air di SPBU Bekasi

Warganet lainnya juga mengabarkan mengenai hujan lebat disertai petir di seluruh Jakarta. Selain itu tagar banjir digunakan untuk menginformasikan ada ruas jalan yang terkena macet.

Seperti diberitakan sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi selama satu minggu ke depan akan terjadi hujan lebat disertai petir.

Sembilan Daerah Siaga dan Waspada Cuaca Ekstrem, Menurut BMKG

Wilayah DKI Jakarta diprediksi mengalami hujan lebat dan petir selama periode 24 hingga 26 Januari, di mana status siaga banjir mulai aktif pada 24 dan 25 Januari 2020.

Status Siaga banjir juga diberikan pada wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Barat.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," kata Deputi Bidang Meteorologi, Mulyono R. Prabowo, Jumat, 24 Januari 2020.

Ia menambahkan kondisi atmosfer di Indonesia dalam keadaan labil. Dengan begitu menyebabkan massa udara lembab dari lapisan bawah akan cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya