Kuota Internet Tanpa Batas, Mana yang Termurah?

Ilustrasi menara BTS.
Sumber :
  • panoramio.com

VIVA – Sejumlah operator seluler di beberapa negara sudah menggelar teknologi telekomunikasi generasi kelima atau 5G secara komersial kepada pelanggannya.

Menkominfo Kasih Lampu Hijau Operator Telekomunikasi untuk Merger

Kendati Indonesia belum memulai jaringan 5G, namun ketersediaan jaringan 4G dinilai semakin membaik. Hal itu berdasarkan laporan dari perusahaan mobile analitik, Opensignal.

Seperti diketahui, tren penggunaan jaringan 4G semakin berkembang pesat seiring dengan semakin banyaknya operator yang membuat program paket internet tanpa batas atau unlimited.

Tri Ingin Memanjakan Gen Z

Tapi, jangan terkesima dahulu dengan kata 'unlimited'. Sebab, ternyata ketika dipakai tak semua operator seluler rela memberikan kuota internet tanpa batas.

Saat ini ada tiga operator seluler di Tanah Air yang menawarkan produk internet unlimited. Ketiganya yaitu Smartfren, Indosat, dan juga Tri. Dari ketiga operator seluler tersebut, manakah yang benar-benar memberikan paket internet unlimited yang menguntungkan pelanggan?

Indosat Sudah Satu Langkah Lebih Dekat

Smartfren

Ini adalah operator seluler yang dinilai setia memberikan keuntungan kuota unlimited bagi para pelanggannya. Lihat saja dari banyaknya pilihan paket unlimited yang ditawarkan, mulai dari tahunan, bulanan, mingguan, hingga harian. Harga yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari Rp9 ribu hingga Rp100 ribu. Tergantung masa berlakunya.

Paket unlimited Smartfren juga menghadirkan beragam pilihan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Mulai dari batas pemakaian wajar 500MB seharga Rp50 ribu per bulan, 1GB seharga Rp75 ribu per bulan, hingga 1,5GB per hari seharga Rp100 ribu per bulan.

Meski begitu, kuota unlimited Smartfren hanya berlaku untuk pengguna smartphone saja. Kalau pengguna home router tetap harus menggunakan internet volume.

Tri

Operator seluler asal Inggris ini punya paket unlimited 6GB seharga Rp50 ribu, namun hanya dapat digunakan mulai pukul 01.00-17.00.

Walaupun Tri tak memiliki gimik akses gratis ke aplikasi-aplikasi tertentu, dengan kata lain kuota utamanya benar-benar 6GB per bulan. Hanya saja, penggunaan kuota utama itu dibatasi setiap harinya, hanya sampai 1GB per hari.

Indosat

Ketika mencoba layanan Indosat, paket dengan nama unlimited 3GB itu dibanderol dengan harga Rp62 ribu jika dibeli di toko retail dekat rumah. Data internet yang bisa digunakan utamanya adalah 3GB, mereka memang menambahkan bonus data sebanyak 15GB.

Namun, hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi tertentu, beberapa di antaranya WhatsApp, Facebook, Twitter dan Facebook Messenger. Ada juga aplikasi streaming video seperti YouTube, Spotify maupun Joox.

Sayangnya, semua itu memiliki batas pemakaian wajar satu bulan hanya 15GB. Jika pengguna melebihi batas pemakaian wajar kecepatan yang diperoleh pengguna akan turun ke 128Kbps.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya