Emoji Terbaru, Ikon LGBTQ hingga Bubble Tea

Emoji baru untuk LGBTQ
Sumber :
  • Emojipedia

VIVA – Emoji baru yang meluncur tahun ini akhirnya memuat bendera dan simbol transgender. Artinya, pihak pembuat akhirnya mengabulkan keinginan para LGBTQ yang sudah memintanya sejak lama.

Warga Bireuen Pasang Bendera Bulan Bintang di Kantor Polsek Samalanga Aceh

Dikutip dari situs Business Insider, Jumat, 31 Januari 2020, tahun ini ada lebih dari 100 emoji baru yang telah disetujui Konsorsium Unicode. Itu adalah kelompok yang bertugas menetapkan standar emoji di berbagai platform.

Selain bendera dan simbol transgender, ada juga emoji yang akan mewakili para pencinta bubble tea dan ninja. Sedangkan emoji yang mewakili para transgender berupa bendera garis-garis berwarna biru muda, merah muda dan putih.

Mengungkap Makna Simbol Telur Paskah, Lebih dari Sekadar Telur

Ada juga opsi untuk netral-gender, seperti pria dengan kostum Santa Claus, pria dan wanita dengan penutup kepala kain putih, dua gender yang mengenakan tuksedo dan netral-gender yang tengah menggendong bayi.

Penambahan emoji jadi langkah terbaru bagi lembaga untuk menyediakan representasi diri bagi kaum LGBTQ dalam bentuk emoji. Emoji itu bisa dimanfaatkan oleh pengguna smartphone dalam pesan teks, posting media sosial dan kontak telepon.

Kemen-PPPA: Perempuan Lebih Rentan Terdampak Perubahan Iklim karena Peran Tradisional Gender

Emoji per gender sebenarnya sudah ada di iPhone sejak 2008 dan Android pada 2012. Sedangkan beberapa bendera LGBTQ baru dirilis pada 2016 dan emoji netral gender baru dibuat beberapa tahun lalu. Apple dan Google sendiri baru merilis emoji netral gender pada 2019.

Debut bendera transgender ini ternyata disambut cepat oleh pengguna. Bahkan mereka juga ikut mengumumkannya di Twitter. Daftar lengkap emoji terbaru bisa ditemukan di situs web Unicode Consortium.

Ilustrasi ketupat

Mengenal Serba Serbi Tradisi Lebaran Ketupat Hari Ini 17 April 2024: Sejarah Hingga Maknanya

Lebaran Ketupat, sebuah tradisi yang umumnya dirayakan oleh sebagian umat Islam di Indonesia, merupakan perayaan yang menyusul Hari Raya Idul Fitri. Ini sejarah dan fakta

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024