Virus Corona Bikin Kopdar Industri Ponsel Dunia Terancam Sepi

Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol.
Sumber :
  • https://mwc-barcelona.org/

VIVA – Virus Corona bikin pertemuan (kopdar/kopi darat) industri ponsel dunia atau Mobile World Congress (MWC) 2020 di Barcelona, Spanyol pada 24-27 Februari mendatang, terancam sepi. Sejumlah perusahaan teknologi dikabarkan mengundurkan diri dari hajatan tahunan ini.

Indosat Bawa Oleh-oleh dari Barcelona

Sebut saja Amazon, LG, Ericsson, ZTE dan Nvidia, yang resmi mengumumkan ketidakikutsertaannya. Sementara Samsung, Huawei dan Oppo, seperti dikutip dari situs CNET, Senin, 10 Februari 2020, tetap ikut MWC tetapi mereka tidak mengirim tim lengkap seperti tahun-tahun sebelumnya.

Huawei misalnya. Mereka berencana mengkarantina para eksekutifnya selama 14 hari sebelum MWC 2020 berlangsung. Kemudian Oppo juga akan melakukan pengecekan ketat terhadap temperatur setiap orang yang hadir di acara tersebut. Bahkan Samsung kabarnya akan mengecilkan keikutsertaan mereka.

Huawei Gebrak MWC 2024 dengan Produk High-end Fashion Forward

Artinya, tim berikut eksekutif yang dikirim jumlahnya akan lebih sedikit. Analis IDC Fransisco Jeronimo mengaku, wabah Virus Corona membuat sejumlah orang penting tidak hadir, sehingga membuat pengunjung dan perusahaan teknologi juga enggan datang ke MWC 2020. "Jumlah orang yang hadir akan turun secara drastis tahun ini," ujar dia.

Perawat sedang menangani korban virus corona.

Ingin Jadi Penggerak Utama Demokratisasi Digitalisasi di Indonesia

Penyelenggara MWC 2020, GSMA mengaku, akan ada dampak cukup signifikan pada gelaran industri ponsel dunia tahun ini. Namun demikian, mereka mengklaim MWC 2020 tetap akan berjalan sesuai rencana awal.

"Kami, sebagai panitia, dan Pemerintah Kota Barcelona, menantikan keberadaan para peserta di MWC 2020," demikian keterangan resmi GSMA. Pada pekan lalu, GSMA mengatakan Mobile World Congress (MWC) 2020 tetap melakukan sejumlah langkah kesehatan publik tambahan.

Kebijakan ini diambil untuk meyakinkan seluruh peserta yang hadir jika kesehatan dan keselamatan mereka merupakan perhatian utama. Langkah tersebut termasuk melarang orang yang pergi dari Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Daerah tersebut merupakan tempat wabah Virus Corona dimulai dan mengharuskan peserta yang melewati China untuk menunjukkan bukti telah berada di luar negeri Tirai Bambu itu selama 14 hari.

Mobile World Congress (MWC) 2020 hadir sebagai tempat peluncuran ponsel dari berbagai industri teknologi. Selain itu juga MWC menjadi tuan rumah percakapan antara vendor serta klien di mana kesepakatan untuk menjaga industri ponsel tetap hidup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya