Wow! Ponsel Jadul Bisa Akses Google Assistant

Kerja sama Indosat Ooredoo dan Google.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Google Assistant biasanya hanya bisa diakses dengan internet. Namun saat ini ponsel jadul atau feature phone juga bisa menggunakan asisten digital milik Google.

Terkuak Ponsel Jadul yang Dipakai Duta Sheila On 7, Warganet: Sesederhana Ini Ya

Inisiatif ini diluncurkan oleh Google bekerja sama dengan Indosat Ooredoo yang sebelumnya sudah diperkenalkan pada gelaran Google for Indonesia pada November 2019.

"Kami memperkenalkan IM3 Ooredoo Google Assistant. Menjadi inisiatif yang pertama di Indonesia. Jadi pengguna yang tidak punya smartphone masih bisa menggunakannya," kata Direktur Utama dan Kepala Eksekutif Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama, di Jakarta, Senin, 10 Februari 2020.

Akankah Terjadi Merger Lagi antar Operator Seluler di Indonesia?

Sementara itu, Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf, menjelaskan perluasan akses internet jadi salah satu komitmennya.

Meskipun Indonesia sudah mengalami kemajuan, namun masih ada sejumlah masyarakat yang belum bisa mengakses internet. Kesulitan akses internet ini terjadi salah satunya karena masyarakat tersebut tidak memiliki smartphone.

Dua Komisaris Indosat Kompak Mengundurkan Diri, Ada Apa?

Menurutnya, masih ada jutaan orang Indonesia yang menggunakan ponsel kelas menengah dengan konektivitas 2G, membuat akses informasipun menjadi terbatas.

Randy mengatakan jika Google memiliki tujuan bagaimana membangun solusi yang bisa diakses untuk rakyat secara luas, termasuk yang tidak punya smartphone maupun akses internet.

Itu pula yang membuat perusahaannya bekerja sama dengan mitra, termasuk Indosat Ooredoo dalam ketersediaan Google Assistant yang bisa digunakan dengan menelepon.

Pelanggan indosat yang ingin mencari informasi bisa langsung bertanya ke Google Assistant, dengan menelepon 696. Akses telepon ini tanpa tanda bintang dan juga tanda pagar.

Akses Google Assistant ini dilakukan gratis tanpa biaya apapun, dan karena berbentuk telepon tanpa ada internet yang digunakan.

"Phone line dengan asisten Google siap membantu. Anda bisa bertanya dan mendapatkan jawabnnya dengan mudah bersama Asisten Google. Telepon saja di 696 gratis," kata Randy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya