Menkominfo Sebut Internet RI Aman, Bahkan di WIlayah Terpencil Gratis

Menkominfo, Johnny G Plate.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Hari Internet Aman Sedunia diselenggarakan tiap tanggal 11 Februari setiap tahunnya. Namun belakangan kasus global pencurian data pengguna internet juga cukup mengkhawatirkan.

Menkominfo Budi Arie Bersiap Ngantor di IKN Juli 2024

Menteri Kominfo, Johnny Plate meyakini jika internet di Indonesia sudah aman. Untuk rumus aman di dunia maya, menurutnya harus  menggunakan internet dengan cerdas dan efisien. 

"Aman, internet Indonesia aman. Keamanan satu aja rumusnya. Pakai internet dengan cerdas dan efisien," kata Johnny ditemui di Gedung Kominfo, Jakarta, Senin, 10 Februari 2020. 

Angin Segar untuk Startup Pemula

Dia mengatakan menggunakan internet ada uang yang keluar. Supaya tidak merugi, Johnny mengatakan harus pakai dengan baik dengan efisien. 

Termasuk juga masyarakat yang mendapatkan internet gratis yang disediakan Bakti untuk wilayah terpencil. Internet itu digunakan untuk tempat-tempat tertentu seperti puskesmas dan kantor desa. 

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Etika Pelajar di Dunia Digital"

"Enggak usah ikut gosip-gosip yang enggak perlu. Ya apalagi kalau meneruskan hoaks, enggak usah," ujar dia. 

Johnny juga mengatakan untuk ekosistem termasuk media dan platform digital bisa jadi pelindung di dunia maya, yaitu untuk melindungi masyarakat serta kepentingan di sana. Menurutnya para ekosistem ini harus menjaga internet secara bersamaan. 

"Saya mengajak ke ekosistem khususnya media, platform digital aplikasi  di Indonesia. Untuk kita jadi perisainya bangsa kita, perisainya rakyat kita, perisainya kepentingan kita di ruang digital. karena kita ini berpindah dari fisical space ke digital space. siapa yang menjaga digital space? ya kita. Nah mari kita jaga sama-sama agar kita kompetitif," kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya