TikTok Punya Senjata Tangkal Bullying

Kepala Kebijakan Publik Tik Tok Indonesia, Malaysia dan Filipina, Donny Eryastha.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Merayakan Hari Internet Aman Sedunia (Safer Internet Day) tiap 11 Februari, Tiktok memilih tema anti-cyberbullying dengan judul 'Sama-sama Aman, Sama-sama Nyaman'. Platform video pendek asal China itu meluncurkan panduan anti-perundungan (bullying) di dunia maya.

Viral Pegawai Minimarket Ribut dengan Tukang Parkir Liar, Netizen: Premanisme Terselubung

"Merupakan informasi bagaimana kita bisa tetap aman. Apa yang harus dilakukan saat melihat tindakan cyberbullying," kata Head of Public Policy Tiktok Indonesia, Donny Eryastha di Jakarta, Selasa, 11 Februari 2020.

Panduan tersebut bisa dilihat langsung dalam laman sudahdong.com. Sudah Dong merupakan gerakan komunitas anti-bullying. Panduan itu berisi mengenai tips menggunakan internet dengan cerdas. Adapula informasi mengenai fitur keamanan pada Tiktok.

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ferdinandus Setu, mendukung gerakan tersebut.

Menurutnya, hal ini sesuai juga dengan kegiatan yang dilakukan oleh Kominfo. "Kami hadir sebagai bentuk dukungan kami melihat platform digital yang sehat beroperasi di tanah air," tuturnya.

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun

Ferdinandus juga bercerita pernah menjadi korban perundungan siber saat menjadi bagian dari humas Kominfo. Ia pun mengingatkan jangan sampai bully tersebut mempengaruhi diri. "Lengkapi diri jika kita berkontribusi untuk bangsa. Jangan sampai satu dua bullying berpengaruh ke seluruh diri kita," jelas dia.

Bukan itu saja. Beberapa waktu belakang, video Tiktok mulai banyak dibagikan di media sosial lain termasuk Instagram Stories. Head of Public Policy Tiktok Indonesia, Donny Eryastha, menyebut hal tersebut tidak menjadi masalah dan menjadi pemasaran gratis bagi Tiktok untuk dikenal lebih luas.

Ia mengatakan banyak pengguna pakai Tiktok dengan alasan fitur editnya. Di sana mereka bisa mendapatkan musik dengan lisence, menggunakan filter serta efek yang tersedia di platform.

Cara membagikan video di Tiktok dengan menekan tombol share yang berbentuk tanda panah di bagian samping kanan. Nanti akan keluar pilihan media sosial mana yang ingin dibagikan, ada WhatsApp termasuk untuk Status, Instagram dan juga Facebook.

Selain itu, pengguna juga bisa menyimpan video, dengan menekan lama layar yang akan keluar pilihan Save video. Konten yang disimpan itu akan masuk ke galeri ponsel pengguna Tiktok.

"Banyak tren artis yang memiliki akun Tiktok, seperti Dian Sastro, Pevita Pearce, serta musisi dunia Jonas Brother. Kami juga sangat bersyukur dengan adanya tren tersebut," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya