Wahai Manusia! Bunuh Serangga Sebabkan Bencana Besar di Bumi

Ilustrasi Planet Bumi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Wahai manusia, jangan bunuh serangga kalau enggak mau kena akibatnya. Sebab, bisa menimbulkan bencana besar bagi umat manusia. Para ilmuwan mengaku sebanyak 500 ribu, atau setengah dari 1 juta spesies serangga dan hewan yang ada di Bumi, sedang menghadapi ancaman kepunahan.

Buku Karya Penulis Israel yang Diduga Pengaruhi Zara Lepas Hijab Beredar di Indonesia

"Krisis kepunahan serangga saat ini sangat mengkhawatirkan. Sekarang yang kita tahu krisis hanyalah puncak gunung es," ujar ahli biologi Pedro Cardoso dilansir dari laman Science Alert, Rabu, 12 Februari 2020.

Kepunahan massal termasuk pada serangga yang terbang, merangkak, menggali, melompat, dan berjalan di atas air. Mereka berpotensi menjadi punah dalam setengah miliar tahun terakhir ini.

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Terakhir kali kepunahan massal terjadi pada 66 juta tahun silam menimpa dinosaurus karena adanya batu ruang angkasa yang masuk ke Bumi. Tidak hanya dinosaurus, sebagian besar kehidupan lain juga ikut menghilang.

Jika dahulu kita bisa menyalahkan batu ruang angkasa, saat ini kesalahannya ada di manusia. Aktivitas manusia telah membuat hampir semua populasi serangga menurun dan terancam punah.

Berapa Lama Hari Kiamat akan Berlangsung? Ini Penjelasannya

Korelasinya adalah pada habitat mereka yang semakin menipis dan rusak juga polutan. Ada juga eksploitasi yang berlebihan karena ada dua ribu spesies serangga yang dikonsumsi manusia dan kemudian perubahan iklim.

Kupu-kupu, kumbang, semut, lebah, tawon, lalat, jangkrik dan capung jumlahnya telah menurun, jauh dibawah kematian wajar mereka. Padahal banyak serangga yang melakukan kegiatan yang berjasa dan tidak bisa digantikan.

Contohnya saja untuk proses penyerbukan pada tanaman yang memiliki nilai ekonomi US$235 miliar hingga US$577 miliar per tahun.

Kemudian, ada juga penurunan jumlah burung di Eropa dan Amerika Serikat, kaitannya karena minimnya serangga yang biasanya mereka konsumsi mati karena pestisida.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya