4 Hal Ini Bikin Lingkungan Media Sosial Kita Tetap Positif

Ilustrasi gadget.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pada 11 Februari 2020 kemarin dirayakan sebagai Hari Internet Aman Sedunia. Memperingati hal tersebut, Instagram melakukan upaya untuk pengguna Instagram bisa mendapatkan informasi yang komprehensif soal fitur keamanan yang bisa digunakan. 

Menyelami Dampak Negatif FOMO pada Pengguna Media Sosial

Dalam keterangannya, Rabu, 12 Februari 2020, pihak Instagram membagikan sejumlah fitur keamanan yang ada dalam platformnya. Termasuk 4 tips untuk menjaga lingkungan media sosial untuk tetap positif. 

1. Memastikan Keamanan Akun Instagram

Viral Motor Matik Diisi Minyak Kayu Putih Campur Bensin, Ini Kata Pakar

Kata sandi yang kuat memang harus digunakan pengguna media sosial, termasuk Instagram. Namun harus ada juga yang harus dilakukan untuk memperkuat keamanan akun Instagram. 

Pertama dengan mengaktifkan autentikasi dua faktor. Jadi Instagram akan mengirimkan kode secara otomatis ke pengguna saat ada perangkat yang tidak dikenal mengakses akun mereka. 

Geger Seorang Remaja Alami Hal mengerikan Ini Gegara Ikut Challenge di Sosmed

Selain itu pengguna bisa memvalidasi email terkait akun melalui Email dari Instagram dari desktop maupun mobile. Fitur tersebut bisa membuat pengguna memastikan email yang diterima merupakan email resmi dari Instagram atau email palsu. 

2. Menjaga Privasi dan Interaksi

Instagram mengatauakan penggunanya memiliki kendali penuh untuk menjaga privasi mereka. Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menjaganya dengan membuat akun bersifat privat. 

Dengan akun privat, pengguna bisa mengatur siapa saja yang bisa mengikuti di Instagram. Adapula fitur Kontrol Komentar, yang membuat user memilih mengizinkan komentar dari semua orang, orang yang difollow dan followers, maupun memilih antara pengguna yang diikuti atau mengikuti mereka. 

Pengguna juga bisa mengontrol siapa yang bisa mengirimkan pesan Direct. Adapula pilihan mengaktifkan fitur teman dekat atau Close friend di Stories untuk membagikan momen lebih personal. 

3. Mencegah Bullying

Instagram mengatakan memiliki sejumlah fitur untuk menghindari komentar negatif di Instagram. Pertama fitur pelaporan untuk melaporkan postingan atau komentar yang bersifat ofensif, negatif atau melanggar Standard Komunitas Instagram. 

Ada juga Filter komentar untuk mengendalikan komentar di postingan. Pengguna juga bisa memblokir akun dan komentar negatif di akunnya. 

Selain itu mereka juga bisa membatasi akun yang sering memberikan komentar negatif di akunnya. 

4. Melindungi Keamanan Pengguna Lain

Selain melindungi keamanan sendiri, Instagram juga menyarankan bisa melakukannya kepada pengguna lain. Salah satunya dengan saling menghormati dan menghargai pengguna lain di platform tersebut. 

Pengguna juga diingatkan jika melihat postingan yang mengandung ancaman bunuh diri atau tindakan melukai diri sendiri bisa langsung melaporkannya. Saat orang tersebut membuka aplikasi, mereka akan melihat pesan yang menghubungkan mereka pada sumber bantuan seperti berbicara dengan teman, menghubungi layanan bantuan ataupun menemukan sumber bantuan lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya