Logo DW

Sinar Matahari Bisa Dipakai untuk Bikin Es Balok

Es batu.
Es batu.
Sumber :
  • dok. pixabay

Proyek ini adalah hasil kerja sama 10 perusahaan swasta dari Jerman dan Indonesia yang diinisiasi oleh badan kerjasama internasional Jerman, Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ).

Menurut Frank Stegmueller, seorang penasihat dari GIZ, proyek mesin pembuat es tenaga surya ini sangat cocok dilakukan di Indonesia. Mengingat Indonesia adalah negara maritim dan negara kepulauan terbesar. Apalagi Indonesia memiliki sektor perikanan yang memiliki potensi pasar yang tinggi.

"Tentu saja penangkapan ikan, proses pendinginan dan perluasan rantai alat pendingin ke pelosok menjadi tantangan besar di Indonesia,” kata Stegmueller yang ditemui selepas acara konferensi pers jelang pameran teknologi industri Hannover Messe, pada Rabu (12/02).

Saat ini mesin pembuat es tenaga surya tersebut hanya memiliki satu sistem produksi di lokasi proyek pilot di Sulamu, Nusa Tenggara Timur. "Kami harus mengujinya secara teknis dan kelayakan ekonomi. Lalu kita bisa mereplikasikannya untuk memproduksi lebih atau bila kita mendapatkan investor,” ujarnya.

Mesin pembuat es tenaga surya ini ditargetkan dibangun secara proporsional pada bulan April mendatang di lokasi yang sama dengan proyek pilot.

Stegmueller menjelaskan, sebenarnya sudah banyak yang menggunakan mesin pembuat es tenaga surya. Namun biasanya alat itu juga ditambahkan sistem baterai yang membuat mesinnya memiliki tenaga listrik selama 24 jam.

"Dan itu mahal. Kami ingin membuat alat yang bersih dan pintar, yang tidak membutuhkan baterai. Kita bisa menghemat uang untuk itu,” terangnya.