Ilmuwan Punya Alat untuk Bongkar Persembunyian Alien

Alien.
  • Indy100

VIVA – Para ilmuwan telah meluncurkan alat pencarian baru untuk membongkar persembunyian alien. Skema ini menggunakan teknik terbaru untuk menjelajahi luar angkasa dengan harapan menemukan data yang bisa diindikasikan sebagai kecerdasan dari makhluk selain manusia.

Ilmuwan Selangkah Lagi Menemukan Alien

Melansir situs Independent, Selasa, 18 Februari 2020, data ini juga akan dibagikan sehingga mereka bisa menampung pendapat dari masyarakat yang menemukan bukti potensial keberadaan alien.

Peneliti SETI Institute mengabdikan diri untuk mencari kehidupan makhluk asing, terutama alien, untuk mencari tanda-tanda teknologi atau menelaah data yang menunjukkan adanya sinyal dari planet yang menjadi rumah bagi makhluk hidup di luar manusia.

Perburuan Alien Tetap Gaspol

Isyarat yang mereka teliti bisa dalam berbagai bentuk, mulai dari bahan kimia hingga adanya struktur atau laser di planet lain. Ilmuwan SETI mengembangkan sebuah sistem yang menempel pada teleskop Very Large Array (VLA) yang berbasis di Meksiko. Sistem ini akan memberi data ke sistem pencarian mereka.

"VLA akan melakukan penelitian seperti biasanya. Sedangkan, sistem baru ini hanya penggunaan tambahan dan berperan mengumpulkan data-data penting," kata Director of The National Radio Astronomy Observatory, Tony Beasley.

Viral Terekam Sosok Hitam Besar Berjalan Sesaat Sebelum Hujan

Alat tersebut adalah SETI Breakthrough Listen Iniative yang dirilis pada 2015 guna mendengarkan tanda-tanda kehidupan alien. Mereka telah merilis hampir dua petabyte data dari survei yang paling komprehensif tentang emisi radio dari pesawat galaksi di Bima Sakti dan wilayah di sekitarnya serta lubang hitam.

Mereka mengundang masyarakat untuk mencari data yang telah dikumpulkan dari teleskop di seluruh dunia. Ilmuwan berharap masyarakat bisa menemukan hal-hal yang menarik, seperti fenomena alam yang langka atau sesuatu yang tidak terduga seperti alien.

Sebelumnya, pada awal tahun ini, alien atau makhluk luar angkasa ada dan boleh jadi mereka sudah ada di Bumi. Astronot Inggris Helen Sharman mengatakan bahwa makhluk luar angkasa ada di suatu tempat di alam semesta. "Alien itu eksis. Sudah pasti ada berbagai macam bentuk kehidupan di antara miliaran bintang," ungkapnya.

Perempuan berusia 56 tahun itu pernah menorehkan sejarah ketika dia menyambangi Mir, Stasiun Antariksa Uni Soviet, sekarang Rusia, pada Mei 1991. Ahli kimia yang kini bekerja di Imperial College, London, Inggris itu menambahkan bahwa meskipun alien mungkin tidak terbuat dari karbon dan nitrogen seperti manusia.