Elon Musk dan Jeff Bezos Tiba-tiba Muncul dalam Video Star Trek

Elon Musk dan Jeff Bezos
Elon Musk dan Jeff Bezos
Sumber :
  • businessinsider.com

VIVA – Karakter Captain Pike dan Talosian, merupakan dua tokoh yang dikenal penggemar film fiksi Ilmiah Star Trek. Ternyata sosok Captain Pike dan Talosian bisa menyerupai tokoh ternama dalam industri digital, yakni Bos Tesla Elon Musk dan CEO Amazon Jeff Bezos.

Kedua pengusaha di perusahaan teknologi moderen itu masuk dalam scen video deepfake. Teknologi deepfake bekerja sama dengan melatih algoritma pada banyak gambar atau video wajah seseorang, lalu menggunakan software untuk memetakan wajah pada footage orang lain.

Dengan munculnya video Musk dan Bezos dalam tayangan deepfake Star Trek, menurut pendiri dan CEO deepfake Synthesia, Victor Riparbelli merupakan contoh yang bagus dari penerapan teknologi deepfake.

"Saya pikir ini adalah contoh bagus dari keadaan terkini dari seni pertukaran wajah yang sangat realistis," kata dia, dikutip laman Business Insider, Sabtu 22 Februari 2020.

Baca juga: Ternyata Ada Oksigen di Luar Angkasa

Dia menambahkan jika hasil seperti ini masih membutuhkan banyak pekerjaan dan kesenian yang dikustomisasi bersama dengan biaya yang signifikan pada daya komputasi. Namun pekerjaan tersebut berada di tangan orang-orang yang bersemangat bukan pada perusahaan, ujarnya.

Walaupun Riparbelli jelas mendukung deepfake, namun teknologi ini membuat sebagian pihak khawatir. Terutama bagi raksasa teknologi seperti Facebook dan Twitter, apalagi keduanya sangat giat mengekang penyebaran misinformasi di platform-nya.