Petani Temukan Hewan Purba Glyptodon Seukuran Mobil

Seorang petani telah menemukan sisa-sisa fosil empat armadillo purba prasejarah
Sumber :
  • Copyright: CEN/Incuapa-Conicet

VIVA – Seorang petani telah menemukan sisa-sisa fosil empat armadillo purba prasejarah yang usianya mencapai 20 ribu tahun yang lalu. Fosil tersebut ukurannya sebesar mobil dan terlihat di dasar sungai yang sudah mengering. 

Misteri, Ini 7 Penemuan Arkeologi Paling Misterius di Seluruh Dunia

Dikutip dari situs Metro, Senin, 24 Februari 2020, hewan itu masih satu kerabat dengan armadillo, mamalia yang saat ini masih hidup. Petani menemukan empat glyptodon, mamalia lapis baja yang hidup selama zaman Pleistocene. 

20 juta tahun lalu mereka berkembang biak di Amerika Selatan, dan menyebar ke wilayah Amerika Utara setelah benua saling terhubung beberapa juta tahun yang lalu. Fosil tersebut ditemukan di ibu kota Argentina dan akan diteliti lebih lanjut. 

Manusia Sudah Temukan Cara Awetkan Makanan 420.000 Tahun Lalu

Penemuan itu berawal dari seorang petani bernama Juan de Dios Sota, yang tengah membawa sapi-sapinya untuk merumput di ladang terdekat. Tapi kemudian dia melihat ada banyak bentuk yang aneh di sungai, tampaknya bukan sisa sapi maupun kuda. 

Arkeolog Pablo Messioneo kemudian datang ke sana untuk menggali binatang buas prasejarah itu. Ia mengatakan berharap menemukan dua glyptodon saat penggalian. Tapi malah mereka menemukan dua lainnya. 

Kisah Kalkulator Elektronik, Penemunya Meninggal Februari Lalu

"Ini adalah pertama kalinya ada empat binatang di situs yang sama. Sebagian besar mereka menghadap ke arah yang sama, seperti sedang menuju sesuatu. Dari ukurannya itu seperti dua dewasa dan dua anak muda," ujarnya.

Mereka akan meminta tolong penggali untuk mengeluarkannya karena beratnya bisa mencapai satu ton. Penelitian lebih lanjut akan mengungkap jenis kelamin, usia dan mungkin juga sebab kematian. 

Glyptodon adalah sejenis mamalia besar yang memiliki lapis baja atau cangkang bertulang bulat dengan anggota tubuh yang menunduk seperti kura-kura. Berdasarkan bentuk rahang, mereka adalah herbivora berbulu dan berjalan lambat karena ukurannya yang besar. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya