Mau Digaji Besar oleh NASA? Syarat Ini Harus Kamu Ikuti

Ilustrasi astronot.
Sumber :
  • NASA

VIVA – Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) Amerika Serikat sedang mencari orang untuk dikirim ke luar angkasa. NASA mengumumkan akan menerima aplikasi untuk kelas astronot terbaru di bulan depan dan masuk ke kelompok ke-23 yang akan dipilih selama 60 tahun terakhir.

Astronot Muslim yang Sudah Mencicipi Luar Angkasa, Ada Sultan Beneran

Untuk pertama kalinya, NASA membutuhkan karyawan baru dengan latar belakang pendidikan master di bidang sains, matematika, dan teknik. Sebelumnya, pelamar hanya membutuhkan gelar sarjana untuk melamar.

NASA juga menuntut para kandidat untuk memiliki ketajaman penglihatan 20/20, serta memiliki postur yang pas untuk masuk ke pesawat dan pakaian ruang angkasa.

Kain Kafan Sutra Dipakai untuk Bungkus Jenazah di Luar Angkasa

Jika diterima, maka kandidat akan memiliki kesempatan untuk bergabung dalam Program Artemis NASA, yang akan mendaratkan pria maupun wanita ke Bulan pada awal 2024.

"Kami akan mengirim perempuan pertama dan laki-laki berikutnya ke Bulan tahun 2024. Untuk mereka yang sangat berbakat kami akan merekrut untuk bergabung dengan korps astronot kami yang beragam. Ini adalah waktu yang luar biasa," kata Ilmuwan NASA Jim Bridenstine, dikutip dari The Sun, Senin, 24 Februari 2020.

Hidup Astronot Terancam

Aplikasi untuk melamar kelas astronot NASA 2021 akan dibuka mulai 2 sampai 31 Maret 2020. Pengajuan akan diterima melalui situs web USAJobs. Pada pembukaan lowongan pada 2017, NASA menerima sekitar 18 ribu CV lamaran.

Selain meningkatkan persyaratan latar belakang pendidikan pada lowongan kali ini, NASA juga meminta para kandidat untuk diwawancara secara online selama dua jam sebelum mengirimkan aplikasi lamaran.

Tes ini bertujuan menyaring kandidat yang tidak memenuhi syarat agar penerimaan bisa lebih selektif. Seperti kelas astronot sebelumnya, pelamar harus warga negara Amerika Serikat (AS) dan lulus ujian fisik yang sangat rumit.

Pelamar juga membutuhkan pengalaman setidaknya dua tahun pengalaman profesional terkait, atau 1.000 jam pilot pesawat jet. Pembukaan lowongan di NASA seiring dengan lebih banyaknya rencana melakukan misi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dan Bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya