Killifish, Ikan Cantik yang Mampu Perlambat Proses Penuaan Manusia

Killifish Afrika.
Sumber :
  • The Independent

VIVA – Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa Killifish adalah ikan asal Afrika yang memiliki fenomena biologis yang mampu menekan perkembangan kehidupan embrionik. Temuan ini memiliki implikasi potensial untuk menekan proses penuaan pada manusia.

Pendingin Udara Ini Bisa Mendeteksi Pergerakan Manusia

Spesies seperti killifish dapat menempatkan diri dalam keadaan diapause sebagai embrio, yang secara efektif menghentikan proses penuaan, untuk membantu organisme bertahan hidup di lingkungan yang ekstrem.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal akademik Science menemukan embrio tersebut berfungsi menahan pertumbuhan sel dan pengembangan organ selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Memahami mekanisme diapause dapat membantu pengobatan penyakit terkait penuaan dan bahkan pelestarian pada organ tubuh manusia.

"Alam telah memberikan cara untuk menghentikan waktu," kata Anne Brunet, ahli genetika di Universitas Stanford, dilansir Independent, Selasa, 25 Februari 2020.

Arab Saudi Dirikan Maskapai Baru, Rute Riyadh-Afrika Akan Terealisasi

Penelitian menunjukkan gen yang terlibat dalam proliferasi sel dan pengembangan organ, dapat dimatikan selama diapause embrionik di Killifish Afrika.

Sementara itu, Christoph Englert, seorang ahli genetika molekuler di Leibniz Institute on Aging di Jerman mengatakan penelitian baru ini menggeser paradigma diapause dari keadaan pasif dan membosankan, menjadi keadaan aktif perkembangan non-embrionik. Diketahui ada sekitar 130 spesies mamalia yang memiliki beberapa bentuk diapause.

Jayabaya.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Jayabaya dahulu telah menakwilkan ancaman tragedi besar dalam wujud gempa bumi yang menelan banyak nyawa. Namun, akan ada pula Satria Piningit dalam ramalannya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024