Logo BBC

Begini Rasanya kalau Internet Enggak Ada

Ilustrasi browsing internet di ponsel.
Ilustrasi browsing internet di ponsel.
Sumber :
  • bbc

Dari meja kerjanya Markos Lemma bisa melihat pemandangan kota Addis Ababa, Ethiopia. Sebagai pendiri inovasi teknogi IceAddis, di ruang kerjanya, biasanya ramai oleh para pekerja dengan mimpi besar.

Namun, ketika internet mati, segalanya berhenti. Data yang didapat dari BBC dari kelompok pegiat hak-hak digital Access Now memperlihatkan bahwa internet sengaja dimatikan sebanyak 200 kali di 33 negara berbeda.

"Lalu lintas internet berhenti. Tak ada yang masuk, atau kalau pun ada mereka tak akan lama di sini karena tanpa internet, apa yang bisa kita lakukan?" kata Markos.

"Kontrak pengembangan perangkat lunak kami terpaksa dibatalkan karena kami tak bisa menepati waktu, karena sambungan internet putus. Pelanggan internasional kami malah ada yang berpikir kami mengabaikan mereka. Padahal internet mati, dan kami tak bisa apa-apa".

Tanpa sambungan internet, warga tidak bisa memesan makanan daring lewat aplikasi, kata Markos. Maka para pengemudi motor menganggur. "Pemutusan internet punya konsekuensi langsung kepada pengusaha dan warga," katanya.

Memutus internet

Ini tidak hanya terjadi di Ethiopia dan dampaknya tidak hanya pada ekonomi. Penelitian dari Access Now memperlihatkan pemutusan internet punya pengaruh macam-macam terhadap puluhan juta orang di berbagai belahan dunia.