Badai Setan Hantam Planet Mars, Robot Penjelajah NASA Mundur Teratur

Badai Setan di Planet Mars.
Sumber :
  • Universe Today

VIVA – Robot penjelajah milik Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) Amerika Serikat, Insight, yang baru saja mendarat di Planet Mars langsung diadang badai setan. Ini adalah badai debu yang membentuk sebuah pusaran mirip angin puyuh. Di Bumi pusaran ini bisa terbuat dari debu atau salju.

Khazanah: Jejak Langkah Ibnu Batutah, Penjelajah Abad Pertengahan yang Mengukir Sejarah

Dilansir dari situs Metro, Kamis, 27 Februari 2020, meski sudah mendeteksi badai setan, namun Insight telah gagal menangkap gambar fenomenal itu. "Kami telah melihat tanda-tanda datangnya badai setan dan kami telah mencoba mengambil gambar pada waktu yang tepat," ujar Ilmuwan NASA Don Banfield.

Tidak ada satu pun gambaran badai setan tertangkap kamera. Banfield lalu membandingkannya dengan robot penjelajah lain yang begitu mudah mendapatkan gambar dalam kondisi sulit apapun. Sedangkan, Insight belum satu pun mampu mengabadikannya.

Kuis: Cuma yang Berbakat Bisa Temukan Perbedaan di Gambar Jerapah Ini

planet mars

Insight saat itu juga mendapat sinyal yang stabil dan rendah, jenis sinyal audio yang disebut infrasound. Wilayah ini benar-benar baru mereka jelajahi, sehingga masih misterius soal sinyal yang mereka temukan itu. Namun mereka bertekat akan terus mempelajarinya.

Desain Ringkas dan Canggih, Begini Penampakan Kamera Digital Terbaru Fujifilm X100VI

Robot penjelajah itu juga mengkonfirmasi bahwa Mars memiliki seismik aktif dan rentan terhadap gempa. Insight berhasil mendarat pada November 2018 setelah melalui perjalanan selama tujuh bulanan.

Insight mendarat di Elysium Planitia, yang jaraknya 300 juta mil dari Bumi. Banfield mengaku telah mempelajari seismik di planet selain Bumi akan memberi kita pengetahuan tentang bagaimana Tata Surya terbentuk.

Alien.

Ilmuwan Selangkah Lagi Menemukan Alien

Para ilmuwan hanya membutuhkan sebutir es untuk mendeteksi kehidupan alien di Enceladus, demikian temuan penelitian.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024