Para Pengendara di Jakarta Diminta Hati-hati sampai Maret

Curah hujan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bagi para pengendara di Jakarta diminta hati-hati sampai awal Maret mendatang. Sebab, hujan deras akan mengguyur Jakarta hingga 2 Maret 2020. Hal ini disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Selain wilayah Jakarta, hal yang sama juga terjadi di wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Sungai Meluap dan Tanggul Jebol, Ratusan Rumah di Semarang Kebanjiran

"Potensi cuaca ekstrem juga masih bisa terjadi hingga bulan Maret. Dari hasil analisis dinamika atmosfer terkini, pola tekanan rendah di wilayah Belahan Bumi Selatan masih cukup aktif berpengaruh pada pembentukan potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia," kata Deputi Bidang Meteorologi, Mulyono R. Prabowo di Jakarta, Kamis, 27 Februari 2020.

Ia melanjutkan, keberadaan badai tropis Ferdinand yang mulai terdeteksi pada 24 Februari lalu di Samudera Hindia Selatan Nusa Tenggara Barat (NTB), serta sirkulasi angin di wilayah Samudera Hindia Barat Daya Banten inilah menyebabkan pembentukan pola pertemuan massa udara yang memanjang di Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT.

Ratusan KK di Bekasi Dikepung Banjir Setinggi 3 Meter

"Belokan angin juga terpantau terbentuk di sekitar wilayah Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku," ungkap Mulyono.

Ia menambahkan jika labilitas udara masih kuat di sejumlah wilayah dan berkontribusi pada peningkatan konvektifitas skala lokal terutama di Pesisir Barat Sumatera, Aceh, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, sebagian besar Jawa, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Hujan Deras Landa Kota Malang, 6 Pohon Tumbang Satu Menimpa Mobil

Dengan kondisi itu, Mulyono memperkirakan, hingga pekan depan, hujan deras disertai petir masih terjadi. Sebagian besar wilayah Indonesia pun juga mengalami hal yang sama. Mulyono mengingatkan pada masyarakat untuk waspaa dan berhati-hati dengan dampak dari cuaca tersebut.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," paparnya.

Banjir melanda Kota Lismore setelah hujan lebat melanda bagian timur laut New South Wales, Australia, Senin (28/2/2022).

Puluhan Ribu Warga Australia Dievakuasi Saat Hujan Deras Guyur Sydney

Sebelas orang tewas sejak cuaca ekstrem itu tiba akhir pekan lalu menyebabkan pusat-pusat kota terendam air.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2022