Dihina Parasit di Bulan Kasih Sayang, TikTok Tak Mau Ambil Pusing

TikTok.
Sumber :
  • TikTok

VIVA – Saling serang antarpimpinan perusahaan teknologi nampaknya sudah menjadi hal biasa. Kali ini, Kepala Eksekutif Reddit Steve Huffman yang menyerang habis-habisan platform video pendek asal China, Tiktok.

Viral Ayu Ting Ting Bagi-bagi THR Rp20 Ribu, Para Tetangga Akhirnya Buka Suara

Ia secara tegas menyebut TikTok sebagai fundamental parasit. Komentar kontroversial itu diungkapkan saat diskusi panel dengan Public Policy Executive, Elliot Schrage dan Facebook Vice President of Product, Sam Lessin.

"Saya tidak bisa menemukan pemikiran yang sama dengan TikTok. Saya lihat aplikasi ini sangat parasit secara fundamental. Mereka selalu mendengarkan, dan teknologi fingerprint yang mereka gunakan sangat mengerikan. Saya sampai tidak bisa menginstal aplikasi seperti itu di ponsel," kata dia, seperti dikutip dari The Verge, Jumat, 28 Februari 2020.

13 Tahun Punya Mobil, Suami Ini Andalkan Sang Istri Ketika Kesulitan Parkir di Rumah

Sidik jari atau fingerprint yang dimaksud Huffman adalah kombinasi pelacakan audio dan browser untuk menentukan pengguna mana yang menonton dan berbagi video di aplikasi dan di web. Induk usaha TikTok, ByteDance Technology, mengklaim bahwa teknik sidik jarinya digunakan untuk mengidentifikasi perilaku peramban jahat.

Huffman juga mengaku kalau dirinya selalu rajin mengingatkan orang-orang untuk 'tidak menginstal spyware itu di ponsel orang-orang'. Tak main-main memang, ia mengatakan komentar di hadapan para investor besar dan pengusaha Silicon Valley di acara 'Social 2030' yang diadakan oleh Lightspeed Venture Partners dan Lessin VC, Slow Ventures.

Kisah Perjuangan Vikyo, Dari Warnet Hingga sebagai Influencer

Hari valentine.

Ilustrasi Valentine.

Acara ini bertujuan untuk menyoroti dan mengidentifikasi tren dalam aplikasi sosial. Kritik tajam Huffman terhadap tindakan TikTok yang dianggap melacak para penggunanya adalah salah satu dari sedikit di acara tersebut yang menyajikan kritik mendalam terhadap aplikasi tersebut.

Valentine

Sementara itu, dari pihak TikTok belum ada tanggapan terkait ucapan Huffman. Kendati TikTok belum menanggapi nyinyiran Bos Reddit, Steve Huffman, namun mereka seakan 'tutup telinga'. Bahkan, mereka terus menghadirkan fitur-fitur menarik di aplikasinya.

Apalagi, Februari identik dengan Hari Kasih Sayang atau Valentine. Belum lama ini, para pembuat konten atau content creator TikTok di Indonesia mengekspresikan rasa cinta kepada orang terkasih atau cerita cinta lucu dalam format video singkat.

Sejumlah pembuat kreator TikTok berlomba-lomba membuat konten bertema kasih sayang dengan cara kreatif dan lucu menggunakan tagar #PakePerasaan. Salah satunya selebriti papan atas Rossa. Ia seperti tak mau ketinggalan ikut mengunggah video #PakePerasaan versi dirinya dengan stiker cute girl.

Marketing Manager TikTok Indonesia, Jessica Gautama, mengaku mendukung kreativitas pengguna melalui fitur, efek, bahkan kampanye menarik setiap minggunya. Ia berharap, TikTok selalu menjadi platform yang nyaman bagi pengguna untuk berkreasi dan berekspresi.

Untuk mengikuti tantangan ini, pengguna bisa mengunggah video bertema cinta atau cara merayakan Hari Valentine, serta menambahkan tagar #PakePerasaan. "Lalu, repost video tersebut ke akun Instagram Anda. Jangan lupa tag akun @tiktokofficialindonesia," tutur Jessica.

Ia melanjutkan, sebanyak 36 orang terpilih dengan video paling kreatif akan mendapatkan berbagai merchandise menarik beserta tanda tangan dari para artis lineup Love Fest. Nama-nama ke 36 pemenang akan diumumkan di Instagram @tiktokofficialindonesia pada 29 Februari dan 3 Maret 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya