Berharap Cuan dari Sekeping Bitcoin

Bitcoin
Sumber :
  • International Banker

VIVA – Harga Bitcoin meningkat sejak akhir tahun lalu. Harga aset kripto ini bergerak naik dari Rp78 juta pada 1 Oktober 2019 menjadi Rp125,7 juta pada Senin, 2 Maret 2020.

Panduan Lengkap Investasi Reksadana untuk Pemula, Dari A sampai Z

Bahkan, para analis meyakini bahwa harga Bitcoin akan terus mencapai level tertinggi pada tahun ini, terutama setelah halving. Apa yang dimaksud halving?

Yaitu, proses memangkas biaya yang didapat trader dari proses menambang dengan mengurai algoritma matematika guna menghasilkan Bitcoin, yang bertujuan untuk menjaga inflasi. Efek halving juga mengurangi pasokan Bitcoin yang masuk ke pasar, sehingga harganya bisa terdongkrak.

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

“Tren kenaikan harga Bitcoin sudah terlihat hingga awal tahun sampai sekarang. Kami sangat optimis dengan perkembangan aset kripto sebagai media investasi zaman now," kata Kepala Eksekutif Indodax Oscar Darmawan di Jakarta, Senin, 2 Maret 2020.

Agar dunia aset kripto semakin dikenal dan menjadi salah satu pilihan investasi masyarakat, maka direkrutlah Yos Ginting. Ia merupakan salah satu tokoh yang aktif memajukan industri Blockchain di Indonesia, serta turut mendirikan Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI).

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

"Saya melihat pengalaman panjang yang dimiliki Yos tentu akan menopang pencapaian visi dan misi Indodax ke depan untuk menjadi salah satu startup teknologi terbaik di Asia Tenggara," tuturnya.

Saat ini, startup yang bergerak di bidang penjualan aset kripto dan Blockchain, itu punya 60 jenis aset kripto dengan jumlah 1,9 juta pengguna yang mayoritas orang Indonesia. Sebelum bergabung dengan Indodax, Yos menjabat sebagai direksi dan komisaris di PT HM Sampoerna Tbk.

“Saya terkesan dengan rekam jejak dan antusiasme Oscar sebagai pionir pelaku usaha di sektor Blockchain. Kami memiliki kesamaan visi untuk mengakselerasi dan memaksimalkan pemanfaatan teknologi Blockchain melalui edukasi masyarakat dan kolaborasi antar pelaku usaha di Indonesia,” ungkap Yos.

Mengenai halving, Oscar Darmawan mengingatkan bahwa halving tidak langsung berdampak. Sebab, cara kerjanya seperti bola salju. Artinya, ketika pertengahan tahun ini terjadi halving maka dampak dari kenaikan harga Bitcoin akan terasa pada akhir tahun ini atau awal tahun depan.

"Ini pula yang terjadi pada tahun 2016. Faktor lain yang perlu disorot adalah fungsi dari Bitcoin sebagai safe haven assets class sebagaimana emas yang membuat pada saat terjadi suatu krisis menjadi komoditas paling dicari," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya