Gegara Virus Corona, 5 Acara Teknologi Bergengsi Terpaksa Batal

Huawei di Mobile World Congress 2019, Barcelona, Spanyol.
Sumber :
  • Dok. Huawei

VIVA – COVID-19 bukan hanya menyerang kesehatan manusia saja. Sejumlah gelaran teknologi berskala internasional terpaksa batal karena wabah itu. Nama terakhir adalah konferensi teknologi dan musik, SXSW yang harusnya digelar pada 13 hingga 22 Maret 2020 mendatang di Austin, Texas.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Dikutip laman Business Insider, Senin, 9 Maret 2020, berikut 5 acara teknologi internasional yang jadi korban keganasan virus corona.

Mobile World Congress
Acara tahunan dari vendor smartphone dunia ini harusnya digelar di Barcelona, Spanyol akhir Februari lalu. Namun sayangnya sejumlah perusahaan mundur karena kekhawatiran untuk bepergian selama wabah corona itu dan akhirnya MWC resmi dibatalkan pada 12 Februari lalu.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Karena memperhatikan lingkungan yang aman dan sehat di Barcelona dan negara tuan rumah saat ini, GSMA telah membatalkan MWC Barcelona 2020 karena khawatir soal wabah corona, berpergian dan keadaan lainnya, yang membuat GSMA sulit mengadakan acara itu," kata pihak GSMA.

Global Marketing Summit
Acara yang digelar Facebook itu direncanakan bertempat di San Fransisco pada 9 hingga 12 Maret 2020. Biasanya akan menghadirkan 5000 tamu.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Namun pada pertengahan Februari ini, raksasa teknologi itu akhirnya membatalkan Global Marketing Summit karena virus telah menyebar di Amerika Serikat.

"Karena sangat berhati-hati, kami membatalkan Global Marketing Summit kami karena berkembangnya risiko kesehatan masyarakat soal corona," kata juru bicara Facebook, Anthony Harrison.

Baca juga: VPN Jadi Salah Satu Korban Covid-19 di China

F8
Saat Global Marketing Summit dibatalkan, pertanyaan berikutnya apakah Facebook tetap menyelenggarakan F8. Akhirnya 27 Februari lalu, pihak perusahaan membatalkan acara tersebut.

Google Cloud Next
Masuk ke bulan Maret, Google membatalkan gelaran Google Cloud Next. Sebagai gantinya akan diadakan acara secara digital.

Konferensi itu seharusnya diadakan pada 6 hingga 8 April mendatang di San Fransisco. Peserta akan mendapatkan pengembalian uang karena pembatalan acara tersebut.

Google I/O
Pada 3 Maret lalu, Google membatalkan acara yang biasanya diadakan di Shoreline Amphitheater, Mountain View, California. Pihak perusahaan beralasan karena kekhawatiran virus corona serta panduan kesehatan dari sejumlah lembaga akhirnya Google I/O dibatalkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya