Banyak Platform Soal Corona, Mana yang Harus Dipercaya?

virus corona
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Selama virus corona merebak, telah banyak platform yang berusaha mengeluarkan informasi terkini soal penyakit tersebut. Beberapa diantaranya adalah laman infeksiemerging.kemkes.go.id dari Kementerian Kesehatan dan corona.jakarta.go.id dari Pemprov DKI Jakarta.

Lebih dari 5 Ribu Kasus Flu Singapura Dilaporkan di Indonesia

Lalu platform mana yang menjadi rujukan? Menteri Kominfo, Johnny Plate mengatakan dalam rangka komunikasi publik protokolnya adalah Kementerian Kesehatan dari pemerintah pusat.

"Kemenkes. Dalam rangka komunikasi publik protokolnya, pemerintah daerah mengikuti protokol pemerintah pusat supaya satu saja narasi pemerintah," kata Johnny di Gedung Kominfo, Jakarta, Senin, 9 Maret 2020.

Kemenkes Ungkap Pelaksanaan Sub PIN Polio Putaran Pertama Capai Target

Dia mengatakan pemerintah daerah boleh memiliki platform. Tidak ada pertentangan namun konten dan narasinta harus sama dengan pemerintah pusat.

Dengan membuat informasi berasal dari satu pintu, menurut Johnny masyarakat bisa mendapatkan informasi yang sama di waktu yang berbeda sekalipun.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Dia menjelaskan pemerintah memang berusaha untuk informasi berasal dari sumber yang sama. Pemerintah sendiri sudah menunjuk juru bicara untuk aspek medis adalah Achmad Yurianto.

"Kalau pemerintah daerah punya, memang dimungkinkan tetapi sejalan dengan narasi pemerintah pusat. Pemerintah pusat sudah menunjuk untuk aspek medis, pemerintah pusat sudah menunjuk jubir pak Achmad Yurianto," ujar dia.

Dalam corona.jakarta.go.id berisi informasi soal orang dalam pemantauan dan pasien dalam pengawasan corona. Termasuk juga mapping per wilayah di DKI Jakarta.

Kementerian Kesehatan dalam infeksiemerging.kemkes.go.id menampilkan informasi penyakit-penyakit infeksi termasuk Corona. Informasi mengenai corona virus juga bisa dilihat dalam menu Info Khusus Covid-19. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya