Nokia Bantah Karyawannya Meninggal Akibat COVID-19

Corona Masuk Indonesia
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Nokia membantah salah satu karyawan subkontraktornya di Jakarta meninggal akibat COVID-19. Dalam keterangannya, pihak perusahaan membenarkan jika memang ada karyawannya meninggal pada Selasa, 10 Maret 2020 namun bukan karena wabah tersebut. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Tim kesehatan dan keselamatan Nokia telah melakukan penyelidikan menyeluruh dan menerima konfirmasi dari pihak otoritas kesehatan terkait bahwa karyawan tersebut menderita penyakit yang tidak berkaitan dengan Covid-19," tulis juru bicara Nokia, dalam keterangannya, Rabu, 11 Maret 2020. 

Menurut juru bicara Nokia, untuk menghargai pegawai tersebut dan keluarganya pihak perusahaan tidak akan membagikan secara rinci mengenai hal tersebut. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Lebih lanjut juru bicara Nokia mengatakan jika kantor mereka di Menara Mulia dilakukan tindakan kesehatan dan keselamatan dengan melakukan desinfeksi secara menyeluruh. Ini mengacu pada kebijakan global perusahaan dan informasi yang disampaikan belum lama ini oleh pemerintah Indonesia soal wabah Corona. 

Desinfeksi di kantor Nokia ini dilakukan pada Rabu hari ini. Pihak perusahaan juga menyarankan para karyawannya untuk bekerja secara remote. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Dengan menjadikan kesehatan dan keamanan pegawainya prioritas utama, juru bicara Nokia mengatakan akan selalu memonitoring situasi untuk memastikan keselamatan mereka. 

Pihak perusahaan secara global juga telah melakukan langkah-langkah antisipasi. Termasuk melakukan pembatasan perjalanan, bekerja dari rumah, karantina sendiri, memberikan instruksi yang jelas soal kesehatan dan keselamatan bagi karyawan yang datang ataupun pergi ke wilayah tertentu, serta memberikan informasi tentang kegiatan yang dilakukan. 

Sebelumnya, beredar kabar seorang karyawan Nokia yang bekerja di lantai 4 Menara Mulia Jakarta merupakan typus suspect dan masuk rumah sakit pada 7 Maret 2020. Tanggal 9 Maret 2020 dia meninggal dalam kondisi demam dan muntah.

Terdapat indikasi jika karyawan tersebut serupa dengan pasien positif Corona kasus 01 dan 02. Dikabarkan pula jika teman-teman se-cubicalnya mengalami demam. 

Selain itu ada pula kabar jika Menara Mulia melakukan penyemprotan desinfektan dan sanitasi. Kegiatan itu dilakukan di kantor Nokia pada Rabu,11 Maret 2020 mulai pukul 09.00 pagi WIB hingga selesai di lantai 3, 4, dan 11. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya