Hewan Ini Bisa Hamil Seumur Hidup

Walabi mirip dengan kanguru di Australia.
Sumber :
  • www.sydney-australia.biz

VIVA – Walabi, marsupial (binatang berkantong) yang terdapat di Australia, menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk mengandung alias hamil. Peneliti baru-baru ini menemukan bahwa Walabi betina bisa hamil lagi meskipun sudah dalam kondisi hamil, karena menanamkan embrio baru di tenggang waktu mendekati kelahiran.

Inong Ayu, Istri Abimana Aryasatya Umumkan Hamil Anak Kelima di Usia 43 Tahun

Dikutip dari situs Live Science, Rabu, 11 Maret 2020, kondisi tersebut menjadikan Walabi sebagai hewan yang memiliki siklus kehamilan abadi ketika mereka berumur dewasa dan matang secara seksual.

Peneliti juga menemukan perilaku ini sebagai strategi reproduksi yang dilakukan mamalia tersebut. Walabi rawa merupakan hewan dengan tinggi 70 cm dan berasal dari Australia timur.

Netizen Duga Syahrini Lagi Hamil, Foto Pakai Baju Lebaran Jadi Sorotan

Walabi dewasa secara seksual saat berusia 15 bulan dapat berkembang biak sepanjang tahun dan memiliki masa kehamilan 33-38 hari, menurut museum Zoologi Universitas Michigan, AS.

Reproduksi mamalia sendiri melewati empat tahap, ovulasi, pembuahan, kehamilan dan menyusui. Dalam kelompok marsupial seperti walabi dan kanguru, ovulasi dapat terjadi beberapa jam setelah kelahiran.

Momen Dramatis Evakuasi Pemudik Hamil di Pelabuhan Kendari, Nyaris Lahiran di Atas Kapal

Sedangkan, untuk Walabi rawa siklus birahinya lebih pendek dibanding periode kehamilan. Sudah lama peneliti menduga perkawinan dan konsepsi mereka tumpang tindih dengan kehamilan.

Untuk mengetahuinya mereka meneliti kebun binatang dan satwa liar di Berlin, Jerman mengumpulkan noda vagina dan melakukan ultrasound dari Walabi hamil. Hasilnya, 90 persen betina membawa embrio kedua yang dibuahi dari ovulasi yang terjadi ketika janin pertama akan dilahirkan.

Rekaman CCTV penganiayaan oknum polisi di Sumut terhadap istrinya

Oknum Polisi Calon Perwira Aniaya Istri yang Sedang Hamil, Dilaporkan ke Polda Sumut

Oknum polisi Bripka Berlin Sinaga dilaporkan istrinya ke Polda Sumut atas dugaan melakukan tindak pidana penganiayaan atau kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024