Asteroid Apollo 'Menyapa' Bumi pada Ramadan Tahun Ini

Asteroid.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bulan Suci Ramadan 1441 Hijriah diperkirakan mulai pada pertengahan April 2020. Dalam menyambut Ramadan nanti ada sebuah asteroid yang mendekati Bumi. Namanya Asteroid Apollo.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Batu luar angkasa yang diberi kode Asteroid 2016 HP 6 itu akan menyapa penduduk Bumi pada 8 Mei 2020 dengan jarak 1,66 juta kilometer dari Bumi.

Dikutip dari situs Lapan, Kamis, 12 Maret 2020, asteroid ini masuk dalam kategori Apollo yang mana bisa mengancam kehidupan manusia jika jaraknya terlalu dekat dengan Bumi.

Bumi Resources Raih Laba Bersih US$67,63 Juta di Kuartal I-2024

Namun, untuk saat ini, ilmuwan Lapan (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) memastikan tidak mengkategorikannya sebagai asteroid berbahaya karena asteroid itu memiliki perpotongan orbit minimum sebesar 0,05 SA atau 7,5 juta kilometer.

Jaraknya yang dekat dikarenakan sumbu setengah panjangnya dalam berotasi lebih besar dibandingkan dengan orbit Bumi. Asteroid 2016 HP 6 memiliki kecepatan 5,72 km per detik dengan diameter antara 23 hingga 52 meter.

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak

Mengenai potensi tabrakan dengan Bumi, Lapan mengatakan bahwa peristiwa asteroid tabrakan dengan Bumi adalah hal alami yang lumrah terjadi. Per harinya ada 80 sampai 100 ton asteroid jatuh ke Bumi dalam bentuk debu karena telah dihancurkan oleh atmosfer Bumi saat mereka datang dari luar angkasa.

Berdasarkan laporan Planetary Defense Coordination Office NASA, sensor milik pemerintah Amerika Serikat (AS), itu telah mendeteksi 600 asteroid ukuran kecil yang memasuki Bumi dan menjadi bintang jatuh.

Ilustrasi kiamat.

Kapan Bumi Kiamat?

Pertanyaan mengenai kapan Bumi akan mengalami kiamat seringkali menjadi topik pembicaraan, namun sampai saat ini pertanyaan tersebut masih belum dapat dijawab.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024