Wow! Butuh Rp14 Triliun untuk Menciptakan Siluman

DDG 1000 kapal siluman perusak.
Sumber :
  • http://www.asian-defence.net

VIVA – Pemerintah Inggris akan menciptakan agen rahasia mirip Badan Proyek Riset Lanjutan Pertahanan (DARPA) milik pemerintah Amerika Serikat (AS). Badan pemerintahan tersebut terkenal karena menciptakan robot seperti manusia dan pembom siluman mematikan.

AS Ngaku Sudah Tahu Israel Akan Serang Iran, Tapi Tidak Setuju

Pendanaan sebesar 800 juta poundsterling atau Rp14,3 triliun untuk agensi yang belum disebutkan namanya ini terungkap dalam rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 pemerintah Inggris pekan ini.

Kanselir Rishi Sunak mengatakan agensi mirip DARPA akan menerima dana penelitian dan pengembangan yang signifikan dalam anggarannya. DARPA adalah singkatan dari Defense Advanced Research Projects Agency dan merupakan salah satu departemen paling unik di AS.

Inggris, AS Berikan Sanksi pada Tokoh Militer Terkemuka Iran Usai Serangan Terhadap Israel

Badan tersebut membantu meletakkan dasar bagi pembuatan pembom siluman B2 yang ikonik, berupa spycraft dua orang yang dirancang untuk menembus pertahanan anti-pesawat.

DARPA juga bekerja dengan perusahaan robot Boston Dynamics untuk membuat Atlas, robot mirip manusia yang dibuat untuk tugas pencarian dan penyelamatan. Dilansir The Sun, Minggu, 15 Maret 2020, masih belum jelas proyek apa yang akan digunakan oleh DARPA Inggris.

Deretan Negara yang Miliki Pesawat Canggih Anti-Nuklir di Dunia

Namun saat ini DARPA milik AS memiliki mimpi untuk meluncurkan robot untuk operasi militer. Asal tahu saja, DARPA AS memiliki BigDog, yakni robit anjing yang dapat dikendalikan dari jarak jauh, mempunyai penglihatan terkomputerisasi dan mampu membawa beban hingga 150 kilogram ke atas gunung dan melintasi salju.

DARPA juga membantu Angkatan Laut AS dan Lockheed Martin membuat kapal siluman eksperimental pada 1984. Ada juga The Sea Shadow yang dirancang untuk melakukan operasi laut rahasia tanpa terdeteksi oleh radar.

Palestina Mengecam Veto AS yang Menghalangi Upaya Keanggotaan Penuh PBB

Palestina Kecam Veto AS yang Menghalangi Upaya Keanggotaan Penuh PBB

 Palestina mengecam keras keputusan AS yang memveto rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB pada hari Kamis 18 April 2024

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024