Cegah Corona, Samsung Tawarkan Layanan Desinfeksi Gratis untuk Ponsel

Kantor pusat Samsung.
Sumber :
  • TachyonIQ

VIVA – Raksasa teknologi Korea Selatan Samsung menawarkan layanan desinfeksi ponsel gratis untuk semua pengguna di Malaysia, sebagai bagian dari pencegahan wabah Virus Corona COVID-19. Mulai dari pusat layanan hingga toko-toko Samsung Experience di seluruh negeri Jiran.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Dilansir The Star, Minggu, 15 Maret 2020, semua pelanggan bisa membawa ponselnya bahkan merek non-Samsung untuk dibersihkan dengan sinar UV-C. Dengan sinar tersebut maka ponsel bisa didesinfeksi tanpa perlu menggunakan bahan kimia keras.

Mereka mengaku telah dengan hati-hati menguji perangkat sanitasi untuk memastikan bahwa sinar UV-C tidak akan mempengaruhi ponsel pengguna. Namun, Samsung mengatakan sanitiser UV-C berasal dari pemasok pihak ketiga, sehingga efektivitasnya dapat bervariasi tergantung pada pasar dan model.

Tim Cook Datang ke Indonesia Besok, Apple Turun Takhta

Langkah Samsung dianggap sebagai langkah positif dari sudut pandang hubungan masyarakat dan sudut pandang pelanggan. Di satu sisi, raksasa teknologi ini menerima pujian atas inisiatifnya, sementara pelanggan lebih siap dan lebih kecil kemungkinannya untuk terinfeksi.

Menurut pedoman yang diterbitkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, sebagai bagian dari tindakan pencegahan penyebaran Covid-19, masyarakat didesak untuk membersihkan semua permukaan yang kerap disentuh seperti ponsel, keyboard dan gagang pintu setiap hari.

Daftar Lengkap Harga HP Samsung per 16 April 2024

Para peneliti menyebut COVID-19 dapat bertahan di permukaan rata selama hampir satu minggu, kecuali jika dilakukan desinfeksi dengan benar.

"Anda bisa mencuci tangan, tetapi jika mulai menyentuh layar ponsel dan kemudian menyentuh wajah Anda maka potensi infeksi bisa terjadi," kata Profesor William Keevil dari University of Southampton.

Akademisi lainnya, Profesor Peter Hall dari Universitas Waterloo menggambarkan ponsel pintar sebagai cawan petri. Ia mengimbau masyarakat untuk membersihkan ponsel sekali saat makan siang dan sekali lagi waktu makan malam. Rata-rata orang mengangkat telepon 2.600 kali sehari dan menggunakannya sekitar 76 kali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya