Indonesia Diminta Tiru Vietnam, Tangkal COVID-19 dengan Bilik Corona

Bilik Dekontaminasi Corona atau mobile decontamination chamber (MDC) di Vietnam.
Sumber :
  • soha.vn

VIVA – Pemerintah Indonesia melaporkan 117 kasus positif Virus Corona COVID-19, hingga Senin siang, 16 Maret 2020. Dari 117 orang yang positif COVID-19, delapan di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Adapun pasien positif Corona tersebar di delapan wilayah, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Bali, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, dan Banten.

Sejauh ini pemerintah telah memeriksa 1.293 penduduk di 28 provinsi Indonesia. Dari hasil pemeriksaan tersebut, 1.167 dinyatakan negatif Virus Corona, termasuk 188 anak buah kapal (ABK) World Dream dan 68 ABK Diamond Princess.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Tak bisa dipungkiri, penyebaran COVID-19 yang demikian cepat ke hampir seluruh negara telah membuat kepanikan masyarakat. Khusus Indonesia, kabar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terinfeksi Corona cukup mengagetkan publik.

Bilik Corona di Vietnam.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Menhub Budi Karya Sumadi merupakan pejabat tinggi Indonesia pertama yang terinfeksi COVID-19. Dosen Teknik Sipil Unika Soegijapranata, Djoko Setijowarno, mengatakan kemajuan teknologi, khususnya sektor transportasi, turut memudahkan virus ini menyebar ke mana-mana.

Ke depan, tuntutan akan alat transportasi khususnya transportasi massal tidak hanya memenuhi syarat berkeselamatan, tetapi juga syarat berkesehatan. "Merebaknya Virus Corona ke beberapa negara, termasuk Indonesia, membuat pemerintah mengantisipasi agar virus tersebut tidak menyebar luas," kata dia, Senin, 16 Maret 2020.

Djoko juga mengimbau pemerintah supaya tidak ragu meniru Vietnam, yang sukses menangkal Virus Corona, dengan membangun bilik dekontaminasi atau mobile decontamination chamber (MDC) yang ditempatkan di tempat-tempat umum, seperti stasiun, terminal, mal, dan perkantoran.

"Bilik ini biasanya diterapkan di Breeding Farm. Jadi, setiap yang keluar masuk wajib distersilisasi di MDC. Vietnam merupakan negara pertama yang berhasil mengendalikan, menyembuhkan, dan terbebas dari wabah virus Corona," tegasnya.

Bilik Corona di Vietnam.

Ia mengingatkan pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan diri dan berolahraga yang cukup adalah anjuran pemerintah bagi seluruh warga negara dalam upaya menangkal terinfeksi Virus Corona.

"Seluruh komponen pengguna transportasi umum turut memperhatikan imbauan pemerintah untuk menjaga kebersihan demi kesehatan diri sendiri dan orang lain. Transportasi berkesehatan menjadi impian yang dapat terwujud," jelas Djoko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya