Lenyapnya Saluran Calon Sarjana di YouTube Akhirnya Terkuak

Meme sindir YouTube Calon Sarjana.
Sumber :
  • Instagram/@ezareza5

VIVA – Beberapa waktu lalu saluran YouTube Calon Sarjana menjadi bulan-bulanan karena mencuri konten milik orang lain. Kemudian, pada Januari 2020, saluran mereka menghilang yang disinyalir karena di-suspend pihak YouTube.

Sang Anak Minta Transfer Uang ke Jemaat, Sumber Penghasil Pendeta Gilbert Jadi Sorotan

Dijelaskan oleh saluran Den JC dalam judul 'Ini Penyebab Calon Sarjana dan YtCrash Dihapus', Calon Sarjana telah tiga kali mendapat teguran dari pihak lain, bukan karena melanggar pedoman komunitas atau hal lainnya. Peristiwa serupa juga terjadi pada channel YtCrash.

"Yang satu mau tobat tapi sudah terlambat. Yang satu lagi sudah terlanjur musnah baru mau tobat," katanya dikutip pada Rabu, 18 Maret 2020.

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Lebih lanjut dijelaskan olehnya, kedua saluran ini bermasalah dengan penyalahgunaan hak cipta, dari klip hingga thumbnail yang sama persis dengan apa yang dibuat pemilik konten.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”
?

YouTube sebelumnya tidak bisa bertindak karena pemilk konten tidak melaporkan. Kemudian pada suatu waktu ada YouTuber yang memviralkan aksi plagiat Calon Sarjana, mengundang pemilik konten lainnya datang dan mengirim teguran.

"Mungkin karena dimonetisasi juga jadi pada nafsu mau matiin itu channel," ujarnya. Calon Sarjana kini hadir kembali di YouTube setelah menggati nama saluran Calon Ilmuwan. Subscriber-nya baru mencapai 2,85 juta, padahal dulunya mereka memiliki 13 juta subscriber.

Sedangkan, saluran YtCrash lebih malang lagi. Mereka baru mendapat 18,6 ribu subscriber. Saluran JT adalah yang pertama kali melaporkan Calon Sarjana, di mana saat itu ia hanya memiliki 453 ribu subscriber, berbeda jauh dengan oknum penjiplaknya. Saat ini saluran yang berbasis di Inggris itu sudah membuat 96 konten dan memiliki 511 ribu subscriber.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya