Begini Caranya Agar Komputer Gak Lemot Saat Dipakai Main Game

5 Tips Serta Cara Agar Kinerja Komputer Atau Laptop Jadi Lebih Cepat
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Untuk mendukung pembatasan sosial, Pemerintah secara resmi menerapkan pola belajar di rumah untuk para pelajar. Sementara untuk pekerja, diimbau untuk juga melakukan pekerjaan dari rumah atau beken dengan istilah work from home  atau WFH.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Webinar "Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital"

Saat melakukan belajar maupun bekerja dari rumah, seseorang tentu bisa merasa bosan. Untuk mengatasinya, bisa dilakukan dengan cara bermain game dengan menggunakan komputer yang ada.

Sayangnya, saat dipakai untuk melakukan sebuah permainan, kerja perangkat komputer terkadang bisa menjadi lambat. Untuk itu, Kaspersky memberikan tips untuk mencegah ketidaknyamanan saat komputer membeku selama 50 milidetik.

Kemenkominfo Menggelar Nobar Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Dalam keterangannya, Sabtu 21 Maret 2020, berikut tujuh tips yang bisa membantu Kamu saat bermain game di Windows 10, untuk meminimalisasi kekalahan karena perangkat komputer yang bekerja lambat, sebagai berikut:

1. Masalah Internet

Kemenkominfo Mengadakan Nonton Bareng Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Pemain harus memiliki kecepatan dan latensi internet yang stabil. Buka web browser dan menavigasikan ke layanan pengujian kecepatan seperti speedtest.net atau Anda dan navigasikan ke layanan pengujian kecepatan yang komprehensif seperti speedtest.net atau
dslreports.com.

Perlu dipastikan kecepatan internet yang cukup. Kaspersky mencatat gim cukup dengan 10 Mbit/s, tetapi untuk streaming video membutuhkan 50 hingga 100 Mbit/s.

2. Optimalkan Pengaturan Video Game

Kamu harus mengatur level detail yang lebih rendah atau mengurangi resolusi dalam pengaturan gim dapat menjadi solusi. Fokus pada pengurangan eye candy sambil mempertahankan hal-hal seperti jarak padang yang membantu memenangkan permainan.

3. Optimalkan Pengaturan Daya

Dengan faktor ini sangat penting untuk laptop dan juga relevan untuk komputer. Kamus harus bermain dengan daya AC dan mengaktifkan mode kinerja yang terbaik. Caranya, dengan mengklik ikon baterai pada taskbar. Lalu memindahkan slider ke kanan, untuk melihat pengaturan best performance.

4. Hentikan Aplikasi yang Tidak Perlu

Aplikasi yang memiliki sumber daya bisa bersaing dengan game dapat membuat kinerja menjadi lebih lambat. Untuk itu Anda harus menutup semua windows, aplikasi dan segala sesuatu yang tidak terkait dengan game yang sedang dijalankan.

5. Pengaturan Antivirus

Perlu diperhatikan juga Windows 10 harus memiliki antivirus. Pemikiran soal menghentikan solusi antivirus dan keamanan internet merupakan hal yang salah. Jika mematikan solusi pihak ketiga, secara otomotis Windows Defener mulai berjalan.

6. Atur Pembaruan Windows

Operasi latar belakang subsistem Windows 10 tertentu bisa menjadi penyebab pelambatan. Khsuunya, saat pembaruan Windows mengunduh dan meng-install sesuatu.

Sangat dianjurkan untuk bisa mengatur jadwal pembaruan saat Kamu tidak bermain game. Caranya, masuk ke pengauran Windows 10, lalu masuk lagi ke pembaruan Windows, kemudian klik ubah jam aktif atau change aktif hours.

7. Menjaga Komputer dengan Baik

Selama berjalannya waktu, komputer akan menunjukkan beberapa penurunan kecepatan. Alasannya adalah akumulasi file sampah dan aplikasi.

Untuk membantu agar berjalan lebih cepat, Kamu harus selalu membersihkan file baik sementara, mengarsipkan atau menghapus dokumen yang tidak dibutuhkan. Selain itu juga bisa melepas game yang sudah dimainkan lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya