Ada Kabar Baik Bagi yang Suka Berbagi Informasi COVID-19 di Twitter

Ilustrasi cuitan di Twitter.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tak hanya berteman di dunia nyata, kini jejaring sosial di dunia maya bisa dimanfaatkan untuk menambah relasi. Tak hanya itu, media sosial seperti Twitter, kerap menjadi wadah bagi seseorang untuk memberikan sebuah informasi.

KPU Jamin Netralitas Pemilu, Sudah Diawasi Presiden dan DPR

Terkait adanya pandemi virus COVID-19 di berbagai negara di dunia, Twitter ingin memudahkan para ahli kesehatan untuk bisa diverifikasi. Saat ini, media sosial berlogo 'Burung Biru' itu sedang melakukan persiapan untuk mewujudkannya.

Perusahaan asal Amerika Serikat itu, berencana membuka program verifikasi lebih cepat, untuk membantu meningkatkan akun-akun yang menyediakan pembaruan informasi kredibel, terkait virus COVID-19.

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Pembaruan ini muncul setelah Twitter secara agresif untuk mengalahkan gelombang hoaks dan disinformasi lain, yang banyak beredar di berbagai lini media sosial terkait virus yang lebih dikenal dengan nama Corona itu.

Sebelumnya, Twitter mengumumkan, akan melarang cuitan obat palsu atau informasi ilmiah yang tidak akurat. Kini, media sosial ini berupaya memerangi berita bohong meluas ke verifikasi. Dalam serangkaian cuitan di Twitter Support, disebut telah ada ratusan akun yang diverifikasi.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

"Kami bekerja sama dengan otoritas kesehatan publik global untuk mengidentifikasi para ahli dan telah memverifikasi ratusan akun," demikian keterangan Twitter, dikutip VIVA dari laman Engadget, Sabtu 21 Maret 2020.

Juru bicara Twitter juga mengatakan, perusahan saat ini bekerja dengan organisasi mitra seperti World Health Organizations untuk mengidentifikasi akun yang harus diverifikasi.

Twitter juga menjelaskan langkah-langkah yang harus diambil oleh akademisi dan pekerja organisasi, serta lembaga kesehatan masyarakat, agar akunnya bisa lebih berkelas dan terpercaya.

Pihak perusahaan juga meminta referensi bio Twitter dan link ke institusi tempat bekerja. Termasuk juga laman yang ditautkan menyertakan referensi kembali ke akun Twitter itu

"Kami memprioritaskan akun Verification for Twitter yang memiliki alamat email yang terkait dengan organisasi dan lembaga yang berwenang," tulis Twitter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya