Pandemi COVID-19 Memaksa NASA Lakukan Perubahan Kerja

Proyek helikopter NASA
Sumber :
  • NASA/JPL-Caltech

VIVA – NASA juga melakukan beberapa perubahan kerja terkait pandemi Covid-19. Badan Antariksa itu akan melanjutkan pada beberapa misi yang dianggap kritis, namun juga akan membuat pegawainya bekerja remote dan telework jika proyeknya memungkinkan adanya perubahan konsep bekerja itu.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Termasuk di dalamnya Commercial Crew Program, yang akan mengembalikan kemampuan manusia di ruang angkasa ke wilayah Amerika lewat partner swasta. Nasa, SpaceX dan Boeing mengatakan proyek tersebut akan terus berjalan meskipun ada persyaratan untuk operasi in-person karena ada elemen penting mempertahankan operasi yang aman di International Space Station dan kehadiran Amerika Serikat di laboratorium orbit. 

Seperti dikutip laman Tech Crunch, Sabtu, 21 Maret 2020, SpaceX dan Nasa juga telah mengonfirmasi awal pekan kemarin mereka masih berencana meluncurkan misi Dragon dengan awak ke ISS pertengahan hingga akhir Mei mendatang. 

Prabowo Bertemu Cak Imin, PAN: Jangan Langsung Artikan PKB Sudah Pasti Gabung

Dengan tujuan kru ISS tetap sepenuhnya dipasok dan aman, Nasa mengatakan akan terus mengapresiasikan misi pasokan komersialnya. Dalam proyek ini akan mengangkut eksperimen, makanan, minuman dan lainnya menggunakan kendaraan ruang angkasa termasuk kapsul kargo Dragon milik SpaceX. 

Untuk alasan yang sama, akan tetap membuka Mission Control Center di Johnson Space Center, dengan personel kontrol di tempat. Termasuk tetap melakukan langkah tambahan untuk memastikan keselamatan mereka yang hadir. 

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Sementara itu, pekerjaan di James Webb Telescope di California sementara ditutup. Persiapan untuk peluncuran Mars 2020 Nasa, yang termasuk kendaraan Perseverance dan Mars Helicopter tetap dilanjutkan, misi ini akan dijalankan Juli mendatang. 

Ada juga inspeksi virtual yang dilakukan pesawat uji supersonik yang sedang dikembangkan tetap akan dijalankan. Nasa juga tetap menjalankan Ames Research Center di California untuk memastikan keamanan IT dan operasional super komputer bisa berlanjut tanpa gangguan. 

Dukungan misi pesawat ruang angkasa tetap akan dilanjutkan, termasuk juga pelatihan astronot. Walaupun mereka tetap akan mengikuti protokol isolasi untuk mencegah penyakit. 

Awal pekan ini, Nasa juga mengumumkan akan menghentikan pekerjaan pada pesawat SLS dan kapsul Orion yang membawa komponen dari program Artemis. Proyek ini rencananya akan membawa manusia kembali ke Bulan dan juga ke Mars. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya