COVID-19: WHO Gaet WhatsApp, Aplikasi Zoom Pilihan Work from Home

Ilustrasi WhatsApp.
Sumber :
  • www.phonearena.com

VIVA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kini lebih dekat dengan masyarakat dunia. Kali ini, aplikasi pesan instan WhatsApp memfasilitasi masyarakat melakukan curcol atau curhat colongan sama WHO lewat WHO Health Alert. Sebelumnya, WhatsApp meluncurkan layanan Coronavirus Information Hub awal pekan lalu.

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Mengutip situs The Star, Selasa, 24 Maret 2020, WHO Health Alert adalah layanan obrolan yang dibuat WHO untuk menjawab pertanyaan pengguna tentang COVID-19 dengan informasi cepat dan resmi kapan pun.

Bekerja sama dengan WHO, akhir pekan lalu WhatsApp mengumumkan sebuah chatbot informasi yang dapat dikirim oleh pengguna dengan pertanyaan-pertanyaan Coronavirus kapan saja, setiap hari dalam sepekan.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Chatbot ini dapat dihubungi di nomor +441225017655 lewat WhatsApp dan pengguna dapat memulai percakapan dengan mengirim pesan 'Hai'.

Layanan ini dapat menjawab berbagai pertanyaan dan diperbarui setiap hari, dengan informasi terbaru tentang virus COVID-19, bagaimana orang dapat melindungi diri, dan rekomendasi mengenai cara bepergian dengan aman di tengah wabah.

WhatsApp Allows Users to Pin Multiple Messages in a Chat

Sementara itu untuk Who Health Alert saat ini telah diluncurkan dalam bahasa Inggris, menyusul dalam bahasa Arab, China, Prancis, Rusia, dan Spanyol dalam beberapa pekan ke depan.

Aplikasi Zoom

Sementara itu, pandemi Virus Corona COVID-19 memaksa hampir sebagian besar perkantoran di Jakarta dan beberapa kota di dunia untuk memberlakukan work from home atau bekerja dari rumah. Untuk berkomunikasi, umumnya perusahaan menggunakan konferensi video untuk tetap berhubungan.

Salah satu aplikasi terbesar yang saat ini sering dipakai untuk konferensi video adalah Zoom, yang telah mengalami peningkatan pengguna selama beberapa minggu terakhir.

Hal ini karena jutaan orang telah bekerja dari jarak jauh. Lantaran bekerja dari rumah, tidak sedikit orang yang memilih untuk melakukan konferensi video dengan penampilan seadanya. Hal ini membuat Zoom kini menghadirkan filter tersembunyi yang disebut 'Touch Up My Appearance' untuk penggunanya.

Zoom menyebut filter tersebut untuk memberikan efek halus pada kulit wajah dan untuk meminimalkan visibilitas ketidaksempurnaan. Ini sama saja dengan filter kecantikan yang dapat dijumpai di aplikasi lainnya.

"Opsi 'Touch Up My Appearance' mengubah tampilan video dengan fokus yang lembut. Ini dapat membantu menghaluskan warna kulit wajah Anda, untuk menghadirkan tampilan yang lebih halus saat menampilkan video kepada orang lain," kata perusahaan itu, dikutip dari situs Metro.

Ada beberapa cara untuk mengakses filter di aplikasi Zoom. Pengguna bisa mengakses ke menu Pengaturan, kemudian klik Video, gulirkan ke bawah dan akan menemukan fitur tersebut dan mengaktifkannya.

Atau, jika konferensi video sudah mulai, pengguna bisa mengklik panah di sebelah ikon video, memilih Pengaturan Video dan memilih fitur filter di sana. Zoom akan 'mengingat' dan menyimpan preferensi penggunanya, sehingga jika pengguna mengaktifkannya dan memakai zoom, maka filter dapat digunakan secara otomatis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya