LIPI Beberkan Buat Disinfektan dari Produk Rumah Tangga Cegah Corona

Penyemprotan cairan disinfektan di kereta, cegah virus corona.
Penyemprotan cairan disinfektan di kereta, cegah virus corona.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

VIVA – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI menyebut sejumlah produk rumah tangga yang bisa digunakan untuk disinfeksi Virus Corona COVID-19. Pandemi yang bikin panik seluruh dunia ini menyebabkan sejumlah alat kebersihan seperti disinfektan dan hand sanitizer langka di pasaran.

Padahal, keduanya sangat berguna sebagai 'peralatan perang' melawan COVID-19 yang terus merebak secara global. Menurut Peneliti Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Chandra Risdian, banyak produk rumah tangga umum mengandung konsentrasi bahan aktif.

"Selain penggunaan agen pembersih, perawatan lain yang efektif terhadap Virus Corona adalah dengan metode pemberian uap dan perlakuan panas," kata Chandra, dikutip dari situs LIPI, Kamis, 26 Maret 2020.

Pandemi COVID-19 diketahui virus yang memiliki selubung atau sampul (enveloped virus) dengan pelindung lapisan lemak. Kepala Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Ajeng Arumsari, menyebut disinfektan bisa merusak lapisan tersebut sehingga membuat Virus Corona cukup lemah.

"Disinfektan dapat merusak lapisan lemak tersebut sehingga membuat Corona cukup lemah dibandingkan dengan norovirus yang merupakan virus tanpa selubung dan virus lainnya yang memiliki cangkang protein yang lebih kuat," ungkapnya.

Informasi dari The Robert Koch Institute (RKI) Jerman, Chandra mengatakan jika produk disinfektan yang aktif terhadap COVID-19 tidak tersedia, produk disinfektan lain yang memiliki aktivitas virucidal terhadap enveloped virus juga bisa digunakan.

Dari sejumlah daftar nama produk bahan rumah tangga, ada Aquatabs Multipurpose yang memiliki bahan aktif Sodium dischloroisocyanurate dan bisa langsung digunakan.

Selain itu Bayclin Lemon dan Bayclon Regular memiliki bahan aktif Sodium hypochlorite 5,25 persen. Keduanya harus diencerkan dengan perbandingan 20 ml per 1 liter air.

Dettol All in One Disinfectan Spray juga bisa digunakan tanpa harus diencerkan lagi. Namun, untuk Dettol Antiseptic Liquid, Dettol Pembersih Lantai Citrus, dan Dettol Pembersih Multiaction 4 in 1 bisa digunakan namun harus diencerkan terlebih dahulu.

Dettol Antiseptic Liquid  digunakan dengan 25 ml per 1 liter air. Sedangkan Dettol Pembersih Lantai Citrus dan Dettol Pembersih Lantai Multiaction 4 in 1 diencerkan 45 ml per 1 liter air.

Soklin Pemutih bisa digunakan juga dengan mengecerkan 20 ml per 1 liter air. Selain itu, dalam daftar terdapat SOS Pembersih lantai Antibacterial yang dicampirkan 50 ml dalam 1 liter air.

Adapula 40 ml wipol pembersih lantai sereh dan jeruk pada 1 liter air untuk diencerkan, lalu bisa digunakan untuk disinfektan.