Ketika Corona Menyerang, Muncul Gerakan '90 Hari Tanpa PHK Karyawan'

Ilustrasi PHK.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ketika terjadi serangan masif Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia, muncul gerakan 90 hari tanpa PHK (pemutusan hubungan kerja) karyawan. Adalah Kepala Eksekutif Salesforce Marc Benioff yang berada di belakang gerakan tersebut.

Ratusan Karyawan PT PRLI Demo Lagi, Minta MA Lakukan Penggantian Majelis Hakim

Ia meminta kepada CEO di seluruh dunia untuk mengambil tindakan 90 hari tanpa PHK karyawan sebagai bagian dari rencana untuk mengakhiri krisis Virus Corona. Benioff diketahui telah membuat 8 rencana untuk mengakhiri krisis COVID-19 ini melalui akun Twitternya.

Berikut 8 rencana yang digaungkan Marc Benioff dalam gerakan 90 hari tanpa PHK karyawan di akun Twitternya, @Benioff, seperti dikutip VIVA, Kamis, 26 Maret 2020:

Wanita Tewas Bersimbah Darah di Ruko, Karyawan: Korban Tinggal Bersama Pacarnya

1. Tinggal di rumah selama 20 hari,

2. Beli masker dan bangun sistem manajemen rantai pasokan baju APD (alat pelindung diri),

Digosipkan Mualaf, Celine Evangelista Berangkatkan Umrah Karyawannya Secara Gratis

3. Dapatkan obat-obatan,

4. Mempercepat vaksin,

5. Cari tahu siapa yang terinfeksi dan amankan,

6. Tes semua orang,

7. Seluruh CEO ambil gerakan 90 hari tanpa PHK karyawan,

8. Sayangi semua orang.

Rencana Benioff, termasuk langkah-langkah untuk menghentikan penyebaran pandemi COVID-19 yang telah mendatangkan malapetaka pada ekonomi global saat pemerintah di seluruh dunia menutup bisnis untuk menekan penyebaran virus ini.

Akibatnya adalah meningkatnya pengangguran. Seperti pekan lalu, pengangguran di AS melonjak ke level tertinggi selama dua tahun terakhir. Benioff sendiri janji bahwa perusahaannya, Salesforce tidak akan melakukan PHK "signifikan". Benioff telah lama lantang pada isu-isu sosial dan politik.

Adapun langkah pertama dalam rencana Benioff adalah agar setiap orang tinggal di rumah selama 20 hari. Langkah Benioff selanjutnya yakni berfokus pada penanganan masalah medis dan keselamatan yang ditimbulkan oleh Virus Corona.

Saat ini, rumah sakit di seluruh dunia menghadapi kekurangan masker dan alat pelindung lainnya, seperti sarung tangan, yang dibutuhkan petugas kesehatan di garis depan untuk menjaga diri mereka tetap sehat saat mereka merawat pasien.

Benioff mendesak pemerintah dan perusahaan untuk membangun rantai pasokan untuk peralatan pelindung dan meningkatkan produksi obat-obatan terapeutik. Selanjutnya, ia disebut-sebut telah mendesak agar mempercepat pembuatan vaksin COVID-19.

Vaksin biasanya memakan waktu bertahun-tahun untuk dibuat, tetapi banyak organisasi bekerja secepat mungkin untuk menghentikan penyebaran penyakit ini. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) ada sekitar 40 vaksin virus corona yang sedang dikembangkan saat ini.

Benioff juga meminta setiap CEO untuk berjanji 90 hari tidak memberhentikan karyawan. Sebagaimana diketahui, dalam beberapa minggu terakhir PHK telah dimulai, khususnya dalam industri perjalanan dan perhotelan.

Salesforce sendiri telah melakukan sejumlah hal untuk membantu mengurangi krisis, seperti menyumbangkan US$1,5 juta ke San Francisco, AS untuk mendukung tanggapannya terhadap krisis Virus Corona COVID-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya